Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Sosialisasi Energi Baru Terbarukan kepada Pemuda Pemudi Karang Taruna Desa Purworejo

Diperbarui: 16 November 2022   20:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemaparan Materi Energi Baru Terbarukan/dokpri

Purworejo, Ngantang - Energi baru terbarukan adalah energi yang tersedia secara terus menerus di alam dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa menghasilkan polusi. Energi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber tenaga pembangkit listrik, contoh yang sudah banyak dimanfaatkan saat ini adalah pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga bayu/angin, pembangkit listrik tenaga panas bumi, pembangkit listrik tenaga air, dan lain-lain. 

Banyak pengaruh baik dari energi baru terbarukan yaitu sumber energi yang murah, ramah lingkungan, teknologi yang digunakan sudah memadai dan terus mengalami perkembangan. Sudah banyak penggunaan energi baru terbarukan terutama Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tanggal 8 November 2022 dilakukan sosialisasi  Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/angin (PLTB) yang bertempat di Balai Desa Purworej, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh pemuda pemudi karang taruna Desa Purworejo yang memiliki ketertarikan dalam bidang Energi Baru Terbarukan (EBT). 

Suasana Selama Pemaparan Materi Berlangsung/dokpri 

Sosialisasi ini berlangsung selama satu jam bersama pemateri yang menjelaskan secara langsung sistem, komponen, bentuk-bentuk komponen. Pemuda pemudi karang taruna begitu antusias dalam mengikuti sosialisasi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang mencakup dua jenis pembangkit listrik yang biasa ditemukan disekitar. 

Di dalam sosialisasi Energi Baru Terbarukan (EBT) ini memiliki tujuan untuk berbagi ilmu dan betukar pendapat akan adanya energi baru yang akan menggantikan energi fosil yang lama kelamaan akan habis dalam beberapa tahun kedepan. Sehingga, melalui sosialisasi ini para pemuda diharapkan mampu mengetahui adanya sumber energi lain selain fosil yang dapat dimanfaatkan dan digunakan secara terus menerus tanpa memiliki biaya yang terlalu besar serta dapat ditemukan disekitar kita. 

Diadakan Makan Bersama/dokpri 

Setelah acara sosialisasi berlangsung diadakan makan bersama di Balai Desa Purworejo, bersama pemuda pemudi karang taruna. Pemateri mengharapkan ilmu yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemajuan desa dan mampu membuka lowongan pekerjaan mereka di Desa Purworejo. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline