Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Pemahaman Peraturan dan Permainan Cabang Olahraga Modern Penthatlon Indonesia Tahun 2022

Diperbarui: 5 November 2022   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Antusias Peserta Dalam Mengikuti Sosialisasi Cabang Olahraga Modern Penthatlon (Dok. pribadi)

Penthatlon merupakan cabang olahraga modern yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan membawa lima macam jenis olahraga menjadi ciri khas dari cabang olahraga ini yang terdiri dari anggar, berkuda, renang, dan laser run. Cabang olahraga penthatlon ini telah masuk ke dalam ajang perlombaan olahraga bergengsi yaitu "Olimpiade", dengan melihat euforia dari cabang olahraga dari berbagai negara yang berpartisipasi dalam perlombaan. 

Dengan melihat banyaknya partisipasi dunia akan cabang olahraga penthatlon ini membuat pembentukan Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan tanggal 5 Oktober dan 3 November 2022 dengan jumlah peserta 35 orang guru pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi serta 40 orang mahasiswa. 35 orang guru berasal dari 9 Provinsi Indonesia antara lain: Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan Peningkatan Pemahaman Peraturan dan Permainan Cabang Olahraga Modern Penthatlon Indonesia ini dilaksanakan oleh Bapak Dr. Arief Darmawan, S.Pd, M.Pd, AIFO dan turut mengundang pembicara dari PB Modern Pentathlon Indonesia yaitu Bapak Moh. Fathur Rohman, M.Pd. kegiatan dengan guru-guru sekaligus pelatih ini dilaksanakan secara online via zoom. Sedangkan kegiatan dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang dilaksanakan secara Online melalui zoom dan dilanjutkan pratek di lapangan.

Besar harapannya dengan adanya kegiatan ini maka akan meningkat pemahaman peraturan, permainan cabang olahraga Modern Pentathlon Indonesia. Dan tujuannya akan banyak bibit-bibit atlet muda baru yang akan dibimbing oleh guru-guru PJOK. Penulis memberikan ucapan terimakasih kepada Universitas Negeri Malang berkat dukungannya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Cabang Olahraga Modern Pentathlon ini baru pertama kali diikuti oleh Indonesia pada Asian Games 2018. Cabang olahraga yang diketuai oleh bapak anthony charles sunarjo ini terus menunjukkan perkembangan positif dengan menjadi juara umum pada sea games 2019 Filipina




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline