Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Paspan 2021

KKN Desa Paspan Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi

Program Kerja Cerdas Cermat Desa Paspan

Diperbarui: 22 Juli 2021   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Kegiatan Cerdas Cermat/dokpri

Banyuwangi - Pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2021, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Paspan melaksanakan kegiatan cerdas cermat yang berlokasi di Balai Desa Paspan. Peserta dari lomba ini diikuti oleh para siswa SDN 1 Paspan dan MIS Maslakul Huda.

Tujuan diadakannya acara ini guna mengetahui dan menguji wawasan para siswa sebagai sarana evaluasi pemahaman siswa SD sederajat mengenai nasionalisme, perhitungan matematikan, wawasan umum, dan lain sebagainya. Acara dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan menggunakan masker dan hand sanitizer

Sejumlah 15 siswa hadir menjadi peserta Cerdas Cermat, kemudian dibagi rata menjadi 5 kelompok yang beranggotakan masing-masing 3 orang setiap kelompoknya. Perlombaan dibagi menjadi 3 babak, pada babak pertama yaitu babak penyisihan dengan memberikan 10 pertanyaan yang sama setiap kelompok secara tulis dan mengeliminasi 1 kelompok dengan skor terendah. Sistem eliminasi ini berlaku sama pada babak kedua yaitu dengan mengeliminasi satu kelompok dengan skor terendah.

Gambar 2. Proses pengerjaan soal babak pertama/dokpri

Pada babak kedua, tersisa 4 kelompok dilakukan babak semi-final dengan sistem yang sama dengan babak pertama yaitu menulis jawaban di kertas. Berisikan 5 pertanyaan berbeda setiap kelompok dengan tingkat kesulitan menengah.

Pada babak ketiga, yakni babak final tersisa 3 kelompok. Acara pada babak final dilakukan dengan sistem yang berbeda yaitu dengan metode 'siapa cepat dia dapat', jadi perwakilan kelompok yang paling cepat mengangkat tangan setelah pertanyaan dibacakan akan memperoleh kesempatan untuk menjawab. Salah satu peserta KKN Desa Paspan berperan sebagai MC (Master of Ceremony) yang memandu jalannya kegiatan dan juga membacakan pertanyaan pada babak final yang berjumlah 15 pertanyaan mengenai wawasan umum.

Gambar 3 Foto Bersama Kegiatan Cerdas Cermat/dokpri

Setelah serangkaian acara cerdas cermat dilakukan, dimulai dari babak penyisihan hingga babak final, didapatkan tiga pemenang dengan urutan peringkat 1, 2, dan 3. Pemenang utama dari kegiatan Cerdas Cermat kali ini adalah kelompok 5 yang dipimpin oleh Revan, salah satu siswa MIS Maslakul Huda. Penutupan acara diakhiri dengan sesi foto bersama mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Desa Paspan dan para siswa peserta Cerdas Cermat di Balai Desa Paspan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline