Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Pasirmukti

Universitas Singaperbangsa Karawang

Menarik! Pengembangan Promosi Penjualan UMKM dan E-Commerce oleh Mahasiswa KKN Unsika Desa Pasirmukti 2024

Diperbarui: 1 Februari 2024   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Media promosi digital merupakan sebuah taktik pemasaran, seperti artikel, video, dan iklan, digunakan dalam promosi digitalisasi. Ada beberapa cara untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), salah satunya melalui promosi digital.

Ketiga mahasiswa Shafira, Fio, dan Berliana peserta KKN Desa Unsika di Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) tahun 2024 memanfaatkan kegiatan promosi UMKM ini guna membantu mempromosikan Keripik Bolu (C'Kribo), UMKM yang sangat diminati oleh masyarakat. masyarakat dan pelajar, berlokasi di Desa Pasirmukti, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang.

Pada Selasa, 9 Januari 2024, ketiga mahasiswi tersebut mempromosikan Keripik Bolu (C'Kribo) melalui pemasaran UMKM digital.

Kripik Bolu (C'Kribo) ini merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang letaknya tidak jauh dari pusat Kecamatan Telagasari, dengan dengan SDN 1 Kalibuaya dan bertempatan di Desa Pasirmukti. Kripik Bolu (C'Kribo) ini sendiri menjadi suatu cemilan favorit warga sekitar dengan menyediakan beberapa varian rasa, yaitu Brownies, Taro, Red Velvet, Tiramisu, dan Green Tea.

Salah satu ciri khas dari Kripik Bolu (C'Kribo) adalah kripik dengan rasa manis yang tentunya jarang ditemui dan juga berbentuk bulat pipih.

Adapun cara yang dilakukan yaitu dengan pengambilan foto, pembuatan brosur poster dan video produk. Pengambilan tersebut dinilai sebagai cara yang paling efektif untuk melakukan promosi digital UMKM.

Terlebih ketika terdapat acara-acara besar Tingkat Kabupaten atau Provinsi, C'Kribo biasanya di undang untuk dijadikan sponsor untuk memeriahkan acara tersebut. Adapun cara yang dilakukan untuk memasarkan produk dari UMKM Kripik Bolu (C'Kribo) yakni melalui media massa juga media sosial akun Instagram para anggota.

Pengambilan foto produk serta penampilan video merupakan bentuk nyata dukungan dari Mahasiswa/i UNSIKA untuk meningkatkan promosi digital terhadap UMKM setempat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline