Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Pasigitan

KKN TEMATIK DESA PASIGITAN

Pemberdayaan Peningkatan Potensi Anak Melalui Pelatihan Gerak Tari pada Anak Rentang Pendidikan SD

Diperbarui: 24 Juli 2023   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masa tumbuh kembang anak merupa masa-masa yang penuh dengan keaktifan baik secara fisik maupun kemampuan analisis mereka terhadap hal-hal dilingkungan sekitarnya. Untuk membantu memberi wadah akan keaktifan anak-anak kami KKN Tematik Unnes mengadakan program kegiatan yaitu Gerak Tari untuk anak-anak rentang usia sekolah dasar di Dusun Sekargadung. Kegiatan ini kami maksudkan juga sebagai sarana anak-anak untuk nanti berani tampil dalam perpisahan bersama KKN Tematik Unnes. 

Untuk gerakan dalam program Gerak Tari ini sendiri kami memilihkan tarian modern yang lagunya sesuai dengan anak-anak, seperti lagu-lagu di film petualangan Sherina. Kemudian untuk koreografi sendiri kami mengambil beberapa referensi dari Youtube serta kami modifikasi untuk disesuaikan dengan kemampuan anak-anak disini. Kami memiliki jadwal yang rutin untuk melatih gerak tari ini pada anak-anak yaitu pada pukul 13.00 WIB rutin setiap hari selama 1 bulan penuh di bulan Mei hingga Juni awal sebelum perpisahan. 

Melalui kegiatan yang aktif seperti ini harapannya anak-anak semakin pandai dalam memilih hobbi atau kegiatan positif apa untuk menyalurkan energi keaktifannya, selain itu kami juga melakukan pendekatan kepada orang tua agar mendukung kegiatan positif anak seperti ini, atau kegiatan diluar persekolahan. Besar pula keinginan kami bahwa anak-anak melalui kegiatan gerak tari ini mampu mengurangi intensitas mereka dalam bermain handphone ataupun game online. Karena anak-anak rentang usai sekolah dasar perlu sekali bersosialisasi dan mengenal sekitarnya dengan bermain dan belajar bersama teman sebayanya.

 





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline