Lihat ke Halaman Asli

KKN DESA PAIT

Mahasiswa UM

Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Digital Marketing

Diperbarui: 30 Juli 2024   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN UM 2024

Sosialisasi  yang diselenggarakan pada tanggal 11 Juli 2024 merupakan sebuah inisiatif penting yang bertujuan untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknlogi digital untuk mengembangkan bisnis mereka. Acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang di balai desa Pait, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Dalam era digital ini, pemasaran digital menjadi sangat penting. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan zaman, yang mana pada jumlah penggunaan internet di Indonesia yang dilansir dari databoks angka penggunaan media sosial pada tahun 2024 mencakup nilai sebesar 180 juta individu, hal ini lah yang menjadi dasar awal pemberian materi tentang digital marketing ini. Pada pemasaran secara digital, pelaku UMKM hanya perlu memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan nilai penjualan dan memperluas pasar.

Adapun manfaat yang diberikan pada materi sosialisasi yang bertujuan untuk mendorong pelaku umkm agar lebih yakin untuk menggunakan metode digital marketing seperti meningkatkan visibilitas, meningkatkan penjualan serta pendapatan dan memungkinkan umkm cepat beradaptasi dengan perubahan tren pasar dan preferensi pelanggan, serta menguji berbagai strategi pemasaran dengan risiko yang lebih rendah.

Sosialisasi ini juga mencakup strategi digital marketing penggunaan media sosial dengan mempromosikan produk di platform yang menarik, dengan menjualkan produk mereka di marketplace ataupun e-commerce dengan memberikan cara untuk menarik pembeli serta menekankan pentingnya konten marketing yang berkualitas dalam menarik dan mempertahankan konsumen, dengan diberikan wawasan mengenai infografis dan video yang menarik.

KKN UM 2024

Melalui studi kasus dan diskusi interaktif, peserta sosialisasi akan mendapatkan wawasan praktis dan saran, yang diharapkan dapat membuat mereka mau untuk mengimplementasikan digital marketing untuk penjualan bisnis dengan efektif, meningkatkan visibilitas online, menarik lebih banyak pelanggan, dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka di era digital.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline