Lihat ke Halaman Asli

KKN 118 DESA MENGOK

Mahasiswa Universitas Jember

KKN UNEJ Kelompok 118: Menggali Potensi Sumber Daya di Desa Mengok, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso

Diperbarui: 18 Juli 2024   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Acara Pelepasan KKN Kelompok 118 - Dokpri

Mengok, 17 Juli 2024 --- Universitas Jember kembali menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Membangun Desa (UMD) Periode kedua Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan KKN tahun ini dilaksanakan selama 45 hari dengan jumlah anggota kelompok berkisar antara 8-12 orang untuk memberikan kontribusi aktif kepada masyarakat setempat. Rektor Universitas Jember (10/07/24) secara resmi melakukan pelepasan mahasiswa KKN di lapangan timur Universitas Jember.

KKN UNEJ Kelompok 118 mengawali langkahnya di Desa Mengok, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso dengan semangat tinggi untuk menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya lokal yang melimpah.  Kelompok 118 merupakan gabungan dari mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Melalui penggabungan fakultas ini, diharapkan mampu untuk saling melengkapi sesuai dengan bidang masing-masing. 

Desa Mengok merupakan salah satu desa di Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso yang terdiri dari 13 dusun, 9 RW, dan 33 RT yang dipimpin oleh kepala-kepala bagian sesuai dengan administratif wilayah. Sebagian besar pekerjaan penduduk yang ada di Desa Mengok adalah buruh tani dan petani. Berdasarkan hasil observasi dan survei lapangan, maka KKN UNEJ Kelompok 118 mengangkat tema Lingkungan. Pengangkatan tema ini didasarkan pada kesadaran masyarakat yang kurang akan peduli sampah di lingkungan sekitar. Sehingga diharapkan tema yang diangkat mampu mengatasi permasalahan masyarakat di daerah tersebut. 

KKN UNEJ Kelompok 118 (14/07/2024) menyampaikan dan berkoordinasi dengan perangkat desa mengenai program kerja yang akan dilakukan kedepannya. Selain itu, Kelompok KKN 118 melakukan pendekatan kepada masyarakat dan perangkat desa dengan tujuan agar dapat membaur dan memperoleh informasi sebagai bahan pelaksanaan program kerja. Wawancara yang dilakukan kepada perangkat desa juga bertujuan untuk menggali potensi sumber daya dan permasalahan terkait lingkungan yang ada di masing-masing dusun di Desa Mengok, Kecamatan Pujer.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline