Lihat ke Halaman Asli

KKN PMD Universitas Mataram Adakan Sosialisasi Pencegahan Bullying di Lingkungan Sekolah

Diperbarui: 9 Agustus 2024   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Taken by : Audy Pratama Rasad

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram adakan Sosialisasi Pencegahan Bullying di Yayasan Tarbiyatul Islamiyah tepatnya berada di Desa Medana, Kecamatan Tanjung  Kabupaten Lombok Utara, NTB.
Berdasarkan hasil observasi dan survei yang telah dilakukan, Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram Desa Medana menemukan fakta bahwa terdapat beberapa kasus bullying yang terjadi di lingkungan sekolah khususnya pada anak usia 12 - 19 tahun. Fenomena ini membuat Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram membuat acara Sosialisasi Pencegahan Bullying ini guna mengurangi beberapa kasus yang belakangan ini sering terjadi di masyarakat.

Dalam kegiatan ini, materi diisi oleh Yulisda Ainun, S. Sos selaku Tenaga Ahli Penanganan Kasus Perlindungan Perempuan dan Anak, beliau juga sebagai Pendamping Edukator Komunitas Sekolah Perempuan Desa Medana. Materi yang disampaikan berupa pengertian bullying, bentuk - bentuk bullying, faktor penyebab perilaku bullying, dampak bullying pada korban dan pelaku, siapa saja yang rentan terkena bullying.

Pihak sekolah menyambut antusias kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram dan didukung oleh masyarakat desa karena merupakan bentuk keperdulian mahasiswa terhadap kasus yang sedang  marak terjadi di lingkungan sekolah.

Kepala Sekolah MA mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dilakukan di lingkungan yayasan.

"Kegiatan ini sangat berguna bagi siswa dan siswi kami mengingat bahwa fenomena ini sering terjadi di lingkungan sekolah, kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk dapat mengurangi kasus yang terjadi."  Ucapnya

Intan Syakira selaku penanggung jawab acara mengungkapkan tujuan dari acara ini yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya bullying.

"Siswa dan Guru tentu harus mengetahui berbagai dampak negatif yang ditimbulkan dari bullying ini" Ungkapnya

Mahasiswa KKN PMD Universitas Mataram berharap setelah adanya sosialisasi ini, siswa dan siswi tidak melakukan bullying kepada teman sebaya maupun yang lebih muda dari mereka.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2024. Peserta dari kegiatan ini terdiri dari seluruh siswa dan siswi Mts, MA, Tenaga Pengajar, Kepala Sekolah, Babinsa dan Babinkamtibmas. (Audy, Intan dan Rizky)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline