Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang Melakukan Revitalisasi dan Maintenance Taman Refugia

Diperbarui: 16 November 2023   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

      Desa Jatirejoyoso merupakan salah satu desa yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Jatirejoyoso terdiri dari lima dusun yaitu Dawuhan, Balong, Mergosingo, Wonoayu, dan Taman Ayu. Desa ini identik dengan daerah persawahannya yang hampir 70% dari keseluruhan wilayah sehingga dengan potensi wilayahnya yang luas, Desa Jatirejoyoso membuat Taman edukasi bernama Taman Refugia yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jatirejoyoso.


img20231105160821-6555e51484a6cc461b670d32.jpg

          Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang semester ganjil tahun 2023/2024 yang beranggotakan Alissa Qothrunnada, Ananda Dhaniar Putri , Armyano Adha Febriansyah , Aufa Akmal Labib , Muhammad Syafrial Ihza Adzana ,Octavianus Priyo Priambodo, Rama Surya Rahmanda, Salsabila Syafa Adzra , dan Siti Aisyah melakukan revitalisasi dan Maintenance pada Taman Refugia sebagai program kerja utama. Melihat kondisi Taman Refugia yang kurang terawat, membuat kami sebagai tim KKN merencanakan untuk melakukan revitalisasi Taman refugia dan mengembalikan fungsinya seperti semula.

img-20231024-wa0097-6555e4a7110fce19dd01ad92.jpg

    Revitalisasi dan maintenance taman dapat dilakukan berkat diskusi tim KKN UM dengan pihak sekertaris desa bernama Bapak Arifin. Menurut Bapak Arifin Revitalisasi dan maintenance taman perlu dilakukan sebelum taman refugia siap dibuka untuk umum lagi.  Revitalisasi pertama kali dilakukan pada 18 Oktober 2023 dengan melakukan pemotongan dan perapian tanaman liar menggunakan arit dan alat pemotong rumput. Kegiatan revitalisasi dilakukan setiap sore pada pukul 15.00 hingga 17.30 . Selanjutnya, tim KKN UM juga melakukan maintenance terhadap gazebo yang kurang layak dengan mengganti beberapa bambu yang rusak dan usang.

   Dengan adanya kegiatan revitalisasi dan maintenance Taman Refugia ini, tim KKN UM berharap masyarakat bisa menggunakan kembali fasilitas taman seperti dahulu. Apalagi Taman refugia termasuk sebagai taman eduwisata dan tempat untuk berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman. Disamping itu, pihak desa juga berterimakasih terhadap mahasiswa KKN UM karena sudah melakukan pekerjaan dengan baik dan mereka merasa terbantu dengan adanya mahasiswa KKN selama 45 hari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline