Lihat ke Halaman Asli

Wujudkan Dedikasi Mahasiswa KKN UM Melalui Piket Rutin di Balai Desa Jatirejoyoso

Diperbarui: 16 November 2023   10:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jatirejoyoso, 13 November 2023.

Balai desa merupakan bangunan umum yang terletak di sebuah desa sebagai pusat pelayanan masyarakat dan pemerintahan desa. Balai desa juga difungsikan sebagai bangunan tempat warga desa berkumpul untuk mengadakan musyawarah, pertemuan, acara desa, dan sebagainya.

Sejalan dengan tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang. Mahasiswa KKN UM mewujudkan bentuk pengabdiannya kepada masyarakat melalui salah satu program kerja "Piket Balai Desa" di Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Mahasiswa KKN UM tersebut beranggotakan, (1) Alissa Qothrunnada, (2) Ananda Dhaniar Putri, (3) Armyano Adha Febriansyah, (4) Aufa Akmal Labib, (5) Muhammad Syafrial Ihza Adzana, (6) Octavianus Priyo Priambodo, (7) Rama Surya Rahmanda, (8) Salsabila Syafa Adzr, dan (9) Siti Aisyah.

Piket Balai Desa merupakan program kerja yang telah disarankan oleh perangkat desa sendiri. Dengan begitu, mereka berharap terlibatnya mahasiswa KKN UM dapat membantu serta mempermudah perangkat desa melayani masyarakat. Tidak hanya itu, mereka juga berharap bahwa berpartisipasi di balai desa dapat memberikan pembelajaran juga pengalaman baru untuk mahasiswa KKN UM.

Program kerja piket balai desa mulai dilaksanakan pada tanggal 05 Oktober - 13 November 2023. Agenda rutin tersebut bertempat di balai desa yang terletak di Dusun Balong. Mahasiswa KKN UM membagi jadwal piket desa sejumlah lima hari dengan masing-masing kelompok beranggotakan tiga orang. Rutinitas piket balai desa dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jumat dan dimulai dari pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Kegiatan tersebut diawali dengan membantu perangkat desa membersihkan dan mempersiapkan segala keperluan. Kemudian mahasiswa KKN UM diminta untuk melayani masyarakat Desa Jatirejoyoso di bidang administrasi. Terdapat beberapa layanan administrasi desa seperti layanan surat kehilangan, surat kematian, surat bantuan, surat pengantar, dan sebagainya. Beberapa kali mahasiswa KKN UM juga turut membantu mendata dan membagikan sembako berupa beras kepada masyarakat yang membutuhkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline