Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Duwet

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Workshop Desain Grafis : "Desain Kreatif untuk Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat"

Diperbarui: 20 Agustus 2024   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Workshop Desain Grafis Melalui Aplikasi Canva

Malang, 10 Agustus 2024 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 278 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kegiatan Pelatihan Desain Grafis di Kantor Desa Duwet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Pelatihan ini menggunakan aplikasi canva sebagai aplikasi editing yang mudah diakses dan digunakan bagi pemula. Pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan guru dan perangkat desa dalam menggunakan aplikasi Canva untuk menciptakan materi visual yang menarik dan efektif. Peserta akan belajar bagaimana membuat media pembelajaran yang lebih interaktif serta materi sosialisasi yang informatif untuk berbagai program desa dan pendidikan disekolah. Acara ini ditunjukkan kepada guru-guru sekolah yang berdomisili di Kecamatan Tumpang. Kurang lebih kami mengundang sekitar 10 sekolah (TK, SD, SMP)  dengan delegasi setiap sekolahnya yaitu 2 orang ditambah oleh perangkat Desa Duwet, sehingga acara ini dihadiri sekitar 22 peserta.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dusun Petung Sewu, Desa Duwet Bapak Sodikin. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “Pelatihan desain grafis ini penting dan diperlukan sekali untuk para guru sekolah serta perangkat desa, dikarenakan sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas dalam mendesain yang diperlukan untuk administasi sekolah maupun desa”. Ungkapnya

Beliau juga berharap “Para peserta bisa memahami dan mengimplematasikan desain grafis dengan baik serta memperkuat kapasitas mereka dalam memanfaatkan alat digital untuk mendukung berbagai kegiatan dan meningkatkan kualitas administrasi”. Jelasnya

Pelatihan ini dipandu oleh Saudari Azmila Azza Shofa Maula, seorang Mahasiswi KKN dari UIN Sunan Kalijaga. Dalam sesi pelatihan, Azmila menyampaikan materi secara mendalam mengenai penggunaan Canva untuk membuat berbagai jenis materi visual, seperti poster, sertifikat, brosur, dan konten media sosial. Azmila menekankan pentingnya menciptakan materi pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik. Selama pelatihan, Azmila juga berbagi pengalaman dan wawasan tentang cara mengaplikasikan Canva secara efektif.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman para guru mengenai fitur-fitur dan potensi Canva dalam konteks pendidikan. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan Canva, tips untuk menghasilkan desain yang menarik, serta contoh praktis dalam pembuatan desain. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan desain para guru, sehingga mereka dapat menciptakan pembelajaran dan konten yang menarik, interaktif, dan kreatif.

Selanjutnya, pelatihan ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab dan  peserta tidak hanya diberikan pemahaman teoritis, tetapi juga diarahkan untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan secara langsung. Para guru diajak membuat poster bertema 17 Agustusan melalui pembelajaran interaktif dengan panduan langkah demi langkah dari narasumber, sehingga hasil yang dicapai optimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan ini, para guru akan lebih percaya diri dalam menggunakan Canva untuk proses pembelajaran desain serta menciptakan konten yang menarik dan mampu menarik perhatian. Selain itu, pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal yang positif dalam memanfaatkan teknologi di era modern ini, sekaligus membuka peluang baru dalam dunia pendidikan.

Penulis : Muhammad Royyan Reza
Editor : Andina Putrifa Arif




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline