Lihat ke Halaman Asli

Lakukan Survei Potensi Desa Cermee, Mahasiswa KKN Kelompok 75 Unej Berinisiatif Bangun Klinik UMKM Desa

Diperbarui: 20 Juli 2024   19:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 75 UNEJ - tim dokumentasi

Bondowoso, 14 Juli 2024 -- Kelompok KKN Universitas Jember (UNEJ)  kelompok 75 yang beranggotakan 12 (dua belas) mahasiswa yang tengah melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cermee, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, telah melakukan survei ke tempat UMKM produk lokal di Desa Cermee. Survei tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menggali potensi yang ada di desa. Melalui survei yang telah dilakukan muncul gagasan yang diharapkan mampu membantu masyarakat desa dalam mengembangkan potensi mereka yakni dengan rencana pendirian klinik UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Desa Cermee.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui jenis usaha UMKM yang potensi di desa, serta kebutuhan dan kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Nantinya hasil survei tersebut akan digunakan untuk menyusun program pendampingan dan pengembangan UMKM yang tepat sasaran. 

Berdasarkan hasil survey di Desa Cermee ditemukan berbagai aspek, termasuk potensi pertanian, peternakan, dan UMKM. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas penduduk desa bermata pencaharian sebagai petani dengan komoditas utama seperti padi, jagung, tebu serta pedagang termasuk salah satunya yakni pelaku UMKM seperti tahu dan keripik singkong.

Melalui diskusi bersama kepala desa serta perangkat Desa Cermee, diketahui bahwa salah satu tantangan utama masyarakat Desa Cermee dalam mengembangkan usahanya yakni kendala akses informasi dan bantuan teknis untuk meningkatkan kualitas produk dan pemasaran.

 Untuk mengatasi ini, mahasiswa KKN  berencana mendirikan klinik UMKM yang dapat memberikan pelayanan dan dukungan teknis langsung kepada para pengusaha UMKM di Desa Cermee. Ketua kelompok KKN Kelompok 75 UNEJ, Syahfudin Achmad, berharap dapat meningkatkan penjualan, harga jual, dan menciptakan identitas serta kualitas produk yang khas Desa Cermee.

"Kami berharap dengan adanya klinik UMKM ini, masyarakat Desa Cermee dapat lebih mandiri dan memiliki daya saing dalam mengembangkan usahanya," ujarnya. Dengan survei yang dilakukan dan ide yang diusulkan, mahasiswa KKN UNEJ berusaha memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Cermee dalam meningkatkan ekonomi desa. (KKN75).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline