Lihat ke Halaman Asli

kkndesacandirenggo 57

KKM UIN Malang 2022

Mau Layanan Kesehatan Sekolah? Mahasiswa KKM 57 Siap Revitalisasi UKS

Diperbarui: 27 Januari 2023   08:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

           Unit Kesehatan Sekolah atau disingkat UKS menjadi bagian dari fasilitas yang semestinya ada di sekolah dalam fungsinya untuk memelihara  kesehatan warga sekolah serta meningkatkan kemampuan pola hidup sehat.di sekolah.

Setelah sebelumnya mahasiswa melakukan survei ke sekolah-sekolah pada tanggal 2 Januarai 2023,hasilnya kegiatan KBM dan ruang kelas sudah bagus,namun ruang perpustakaan dan UKS perlu dikelola agar fungsinya dapat berjalan.Maka dari itu sebelum pelaksaan revitalisasi dimulai,telah dibuatkan konsep tentang kegiatan apa saja yang perlu diaktifkan di UKS.

Untuk merealisasikannya,pada Senin,9 Januari 2023 hari pertama revitalisasi uks dimulai,kegiatan dilakukan secara bergantian,sebab bersamaan dengan kegiatan mengajar dan revitalisasi perpustakaan.Agenda yang pertama-tama dilakukan adalah penataan ruang UKS,penataan ruang ini meliputi bersih-bersih,mengelola kelengkapan fasilitas UKS,serta tata letak perabotan UKS

Setelah tempatnya rapi,selanjutnya adalah membuat daftar kebutuhan obat(P3K) di UKS. Disana akan disediakan bebrapa obat antara lain obat luka (betadine,obat merah,kapuk kapas,perban,kain kasa,handiplas),obat gosok(balsem),obat oles(minyak kayu putih,cap lang,minyak cap kapak), Obat tetes mata,Obat-obatan masuk angin serta vitamin.

Setelah obat-obat dan perabotan disiapkan,pada keesokan harinya obat tersebut diletakkan dengan rapi pada kotak P3K,kemudian ditambahkan hiasan dinding berupa pengukur tinggi badan untuk mempercantik ruangan.Sebagai tindak lanjut dari penataan ruang UKS,diperlukan kegiatan aktif supaya UKS dapat berfungsi secara maksimal. 

Kegiatan yang biasa menjadi ciri khas UKS di sekolah-sekolah adalah dokter kecil. Dokter kecil ialah murid-murid yang sudah dilatih untuk menjalankan usaha pemelihaaan dan peningkatan kesehatan diri sendiri,teman,maupun lingkungan sekolah.Pelatihan terhadap dokter kecil ini diistilahkan dengan sosialisasi untuk dokter kecil.Sosialisasi dilakukan di perpustakaan.Materi yang disampaikan diantaranya yakni tentang usaha kesehatan sekolah,tugas dan fungsi dokter kecil,perilaku hidup bersih dan sehat,pengukuran tinggi dan berat badan,kebersihan pribadi dan lingkungan,gizi ,penyakit dan penanggulangannya.

Oleh sebab itu kegiatan yang perlu dilakukan secara aktif di UKS meliputi pembelajaran dan pendidikan kesehatan,pelayanan kesehatan di UKS serta bimbingan mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.Jadi dengan adanya dokter kecil,maka kegiatan UKS diharapkan akan berjalan secara aktif,selain itu kebersihan ruangannya juga akan terawat.Mengenai keperluan menjaga kebersihan akan diatasi oleh dokter kecil. Jadi mahasiswa menyusun jadwal piket setiap harinya 4 anak untuk bertugas di UKS.Dengan cara demikian,kebersihan,kerapian,dan operasional UKS akan dapat terjaga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline