Lihat ke Halaman Asli

Dukung Digitalisasi Desa, Mahasiswa KKN 252 Upayakan Program Desa Digital Terintegrasi (DIGITEG)

Diperbarui: 8 Agustus 2022   17:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KKN Tematik UMD Universitas Jember kelompok 252 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) ditempatkan di desa Bendelan. Desa Bendelan terletak di Kecamatan Binakal, Kab. Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Penduduk desa Bendelan mayoritas adalah suku Jawa, namun bahasa yang digunakan sehari-hari menggunakan bahasa Madura. 

Desa Bendelan yang memiliki semboyan "Bendelan Bermartabat" terkenal sebagai sentra pengrajin besek ikan. Desa ini juga kaya akan wirausaha lainnya, seperti ternak jangkrik, mebel, kayu sengon, hingga tape.

Dokpri

Meskipun demikian, potensi-potensi desa yang ada belum dapat dipromosikan kepada pihak luar secara maksimal. Hal tersebut utamanya disebabkan karena Desa Bendelan masih memiliki pekerjaan rumah terkait digitalisasi data dan informasi desa. Fenomena ini membuat berbagai informasi-informasi penting desa, seperti potensi wirausaha, menjadi sulit untuk dikenal oleh masyarakat umum.. 

Beberapa hal yang menjadi fokus masalah dari digitalisasi data dan informasi di Desa Bendelan adalah belum tersedianya peta jalan desa sesuai kondisi saat ini dan minimnya informasi desa yang dapat diakses oleh pihak luar secara online.

Dokpri

Oleh karenanya, sebagai upaya penyelesaian permasalahan tersebut, kelompok KKN 252 UNEJ mengusung program Desa Digitalisasi Terintegrasi (Digiteg) dengan menginput informasi dan data ke dalam website desa Bendelan. Program ini akan melibatkan key partners berupa perangkat desa sebagai main actor sekaligus sumber informasi berkaitan dengan penduduk. 

Nantinya, main actor akan diberi pelatihan sekaligus pendampingan selama KKN berlangsung oleh salah satu anggota kelompok KKN Bendelan yang berlatar belakang fakultas ilmu komputer. 

Selain itu, juga terdapat pihak kesehatan, seperti kader posyandu, puskesmas pembantu, dan puskesmas kecamatan sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Terakhir, Program Desa Digiteg juga turut melibatkan tokoh-tokoh desa untuk menggali sejarah desa Bendelan lebih lanjut.

Dokpri

Program ini mendapatkan respon yang antusias dari perangkat desa saat disosialisasikan pada hari Senin, 7 Agutus 2022. "Program ini sangat baik mengingat website desa kerap menjadi salah tujuan yang ingin dicapai seluruh perangkat, tetapi belum dapat direalisasikan karena terbatasnya keahlian sumber daya manusia. 

Jadi diharapkan adik-adik KKN UNEJ dapat membantu melaksanakannya dan kami juga selalu siap membantu jika diperlukan" ujar Halili, Sekretaris Desa Bendelan, pada sosialisasi tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline