Lihat ke Halaman Asli

KKN Desa Beluk UNDIP 23 24

KKN TIM 1 UNIVERSITAS DIPONEGORO DESA BELUK KEC. BELIK PEMALANG

E-Wallet Sebagai Inovasi Transaksi Digital

Diperbarui: 6 Februari 2024   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemalang (05/02/2024) – Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan e-wallet telah menjadi tren utama dalam transaksi nontunai. Pada hari Rabu, 24 Januari 2024, mahasiswa KKN UNDIP dari Program Studi S1 Informatika, Nashirudin Baqiy, melaksanakan program sosialisasi di Desa Beluk, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Fokus utama dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM, terutama ibu-ibu pengajian, mengenai kegunaan e-wallet sebagai media transaksi di era modern.

Sosialisasi dimulai dengan pemaparan tentang konsep e-wallet dan urgensi penggunaannya dalam transaksi sehari-hari. Para pelaku UMKM diberikan informasi mendalam tentang fitur-fitur umum e-wallet, langkah-langkah pendaftaran akun, dan praktik penggunaan e-wallet dalam bertransaksi dengan pembeli. Keuntungan dari menggunakan e-wallet, seperti kemudahan tanpa perlu menyediakan uang kembalian, keamanan dari risiko uang palsu, serta fleksibilitas dalam menawarkan opsi transaksi kepada pembeli, menjadi fokus pembahasan.

Semua informasi disajikan secara interaktif, memungkinkan pelaku UMKM untuk berpartisipasi dengan memberikan pertanyaan atau tanggapan. Harapan dari kegiatan ini adalah agar UMKM di Desa Beluk dapat lebih termotivasi untuk mengadopsi e-wallet sebagai alternatif transaksi yang praktis dan efisien.

Penulis : Nashirudin Baqiy

Dosen Pembimbing Lapangan : Fajrul Falah, S. Hum., M. Hum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline