Lihat ke Halaman Asli

KKN DESA BALESARI 2021

Universitas Negeri Malang

KKN UM 2021 Desa Balesari Mengabdi dalam Kegiatan Pemberdayaan Perpustakaan Desa Balesari, Kabupaten Malang

Diperbarui: 18 Juli 2021   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penempelan Poster Tata Tertib Sebagai Salah Satu Cara Memberdayakan Perpustakaan Desa Balesari/dokpri

KKN dari Universitas Negeri Malang tahun 2021 di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang mengadakan sebuah program kerja pemberdayaan perpustakaan Desa Balesari yang dilaksanakan dengan penuh semangat oleh anggota KKN dan bekerja sama dengan perangkat Desa Balesari pada hari rabu (6/7/2021).

Tujuan dari program kerja pemberdayaan perpustakaan Desa Balesari antara lain: meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan Desa Balesari, menambah dan memperbaiki fasilitas perpustakaan, menambahkan media pendukung berupa permainan edukatif (funing learner game) untuk menarik minat baca anak desa.

Sasaran dari program kerja pemberdayaan perpustakaan Desa Balesari adalah masyarakat Desa Balesari. Perpustakaan ini dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan masayarakat Desa Balesari seperti anak-anak, remaja, dan masyarakat umum, karena koleksi buku yang ada diperpustakaan Desa Balesari sangat beragam.

Hasil yang direncanakan dari program kerja pemberdayaan perpustakaan Desa Balesari antara lain: menambah koleksi buku untuk perpustakaan Desa Balesari dari hasil donasi yan telah dilakukan, memberikan alat kebersihan berupa sapu, kemoceng dan lap agar dapat digunakan secara berkelanjutan untuk menjaga kebersihan perpustakaan Desa Balesari,  menambahkan rak buku untuk menampung buku-buku hasil dari program KKN UM 2020 dan buku hasil donasi KKN UM 2021, meningkatkan motivasi belajar anak desa untuk belajar dengan menggunakan permainan yang menarik, menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan untuk anak desa.

Tim KKN Desa Balesari Melengkapi Koleksi Buku dan Merapikan Ruangan Perpustakaan Desa Balesari/dokpri

Pelaksanaan program kerja pemberdayaan perpustakaan Desa Balesari berjalan dengan baik karena adanya kerja sama antara anggota dan perangkat Desa Balesari. Pelaksanaan program kerja ini diawali dengan kegiatan membersihkan perpustakaan. Lalu dilanjutkan dengan menata koleksi buku dan menata fasilitas yang sudah ada di perpustakaan seperti meja, rak buku dan rak untuk meletakkan koran. Kegiatan dilanjutkan dengan menempel poster-poster sebagai hiasan di perpustakaan

Penempelan Poster Sebagai Arahan Untuk Aktivitas di Perpustakaan/dokpri

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan menyusun 2 rak portable yang mana nantinya akan diberikan pada perpustakaan Desa Balesari. Setelah rak selesai disusun kemudian diletakkan buku yang hasil program KKN UM 2020 dan buku hasil donasi KKN UM 2021. Kegiatan diakhiri dengan pemasangan banner didepan perpustakaan. Pemasangan banner ini bertujuan agar masyarakat mengetahui letak perpustakaan dan dapat menarik minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan Desa Balesari.

Dengan adanya program kerja permberdayaan perpustakaan Desa Balesari ini diharapkan pemanfaatan perpustakaan di Desa Balesari kedepannya dapat lebih optimal. Selain itu, perpustakaan Desa Balesari dapat menarik minat semua masyarakat untuk datang dan membaca koleksi buku yang beragam di Desa Balesari. Lalu penambahan fasilitas kebersihan, koleksi buku dan permainan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh perpustakaan Desa Balesari untuk mendorong masyarakat agar senang mengunjungi perpustakaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline