Lihat ke Halaman Asli

KKN TIM II UNDIP CIKAMPEK

Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Sosialisasikan Pentingnya Kuliah dan Memperkenalkan Universitas Diponegoro kepada Remaja di Desa Kalihurip

Diperbarui: 13 Agustus 2022   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Pentingnya Kuliah kepada Remaja di Desa Kalihurip (Dok Pribadi)

Cikampek (26/07/2022) 

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 setidaknya ada 8.402.153 pengangguran terbuka di Indonesia per Februari 2022 dengan angka paling tinggi disumbang oleh lulusan SMA atau sederajat, yakni 2,25 juta orang, SLTA Kejuruan/SMK sebanyak 1,87 juta, kemudian disusul lulusan SMP dan sederajat sebanyak 1,46 juta orang.

Seiring berkembangnya zaman dan revolusi teknologi, lapangan kerja khususnya yang membuka peluang untuk lulusan pendidikan menengah kian menyempit dikarenakan membutuhkan ilmu dan skills yang lebih spesifik untuk dapat menghadapi digitalisasi atau revolusi teknologi. Belum lagi lulusan pendidikan menengah dengan gelar SMA sederajat tersebut harus bersaing dengan lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Atas dasar permasalahan tersebut, kami menginisiasi program Sosialisasi Pentingnya Kuliah Sekaligus Memperkenalkan Universitas Diponegoro kepada Remaja di Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Sosialisasi Pentingnya Kuliah kepada Remaja di Desa Kalihurip (Dok Pribadi)

Sosialisasi ini dilakukan di Aula SMP Pupuk Kujang, Desa Kalihurip, Kecamatan Cikampek. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 30 siswa dan siswi SMP Pupuk Kujang mulai dari kelas 7 hingga kelas 9. Pada sesi awal sosialisasi, kami menampilkan tayangan berupa video kampus Universitas Diponegoro, fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Universitas Diponegoro, hingga keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh UNDIP, baik berupa SDAnya maupun SDMnya. Setelah memperkenalkan Universitas Diponegoro, kami melanjutkan pembahasan terkait permasalahan atau informasi yang harus diketahui aset masa depan bangsa ini untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke kuliah kelak nanti. 

Respon dari peserta cukup beragam, ada yang sangat antusias untuk mengetahui tentang dunia perkuliahan karena memang mereka sudah memiliki rencana jangka panjang untuk berkuliah, namun ada juga yang masih bingung ingin melanjutkan pendidikan di kampus mana dan jurusan apa ketika masuk perguruan tinggi nanti. 

Kami sedikit memberikan gambaran agar peserta yang hadir dapat memahami perbedaan jurusan yang ada di perkuliahan hingga perbedaan Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Perguruan Tinggi Kedinasan beserta keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Sosialisasi Pentingnya Kuliah kepada Remaja di Desa Kalihurip (Dok Pribadi)

Melalui kegiatan ini, diharapkan para generasi muda dapat menyadari pentingnya untuk melanjutkan kuliah untuk memperbesar peluang mendapatkan pekerjaan, menambah nilai diri, menambah kemampuan dan wawasan, serta menambah relasi pertemanan maupun relasi kerja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline