Lihat ke Halaman Asli

Screening TBC (Tuberkulosis) Gratis untuk Lansia di Desa Cadaskertajaya

Diperbarui: 10 Juli 2023   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

karawang, 07 Juli 2023, Dalam upaya mendukung kesehatan masyarakat pada umumnya dan lansia khususnya. Bidan desa bekerja sama dengan Puskesmas Telagasari telah meluncurkan program screening TBC (Tuberkulosis) gratis khusus untuk lansia. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi dini masalah paru-paru yang mungkin dialami oleh lansia. Sehingga tindakan medis yang tepat dapat segara dilakukan.

Seiring dengan bertambahnya usia, lansia memiliki risiko yang lebih tinggi terkena berbagai penyakit paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), Pneumonia, TBC (Tuberkulosis) atau bahkan kanker paru-paru. Oleh karena itu, penting untuk melaksanakan tindakan pencegahan dan deteksi dini guna menjaga kesehatan paru-paru mereka. 

Program Screening TBC (Tuberkulosis) gratis untuk lansia ini mencakup pemeriksaan fungsi paru-paru dengan pengambilan sample dahak para lansia yang berpartisipasi, kemudian dilakukan pengecekan di laboratorium. Bidan Desa telah meyiapkan tim medis yang bekerja sama dengan Puskemas Telagasari yang telah berpengalaman serta peralatan medis yang memadai untuk program ini. Lansia yang ingin mengikuti program Screening paru-paru gratis dapat datang langsung ke lokasi pemeriksaan yaitu di Halaman Masjid Al-Falah Dusun Cilewo RT 03 RW 02 Desa Cadaskertajaya. Kegiatan yang dilakukan pada hari Jumat, 07 Juli 2023 ini dibantu oleh Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang. Mahasiswa KKN Universitas Buana Perjuangan dalam hal ini membantu dalam pengarahan, pendataan, serta pelaksanaan tes Screening paru yang dilakukan Bidan Desa beserta Tenaga Medis dari Puskesmas Telagasari.

Selain Screening TBC (Tuberkulosis) para lansia juga melakukan pemeriksaan tensi darah menggunakan tensimeter dan cek kadar gula dengan glukometer, program ini juga memberikan edukasi kepada lansia tentang pentingnya menjaga kesehatan paru-paru melalui gaya hidup sehat dan upaya pencegahan.

Kami menghibau kepada semua lansia untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mengikuti program screening paru-paru gratis. Dengan melakukan pemeriksaan paru-paru ini, lansia dapat mendeteksi dini adanya masalah paru-paru dan mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka.

Kami berharap program screening paru-paru gratis ini dapat memeberikan manfaat yang besar bagi kesehatan lansia di Desa Cadaskertajaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline