Lihat ke Halaman Asli

KKN Undip_Desa Bumirejo

Universitas Diponegoro

Pengenalan Bahasa Inggris Dasar Untuk Anak-Anak Kelas 4 dan 5 di SD Negeri 02 Bumirejo

Diperbarui: 11 Agustus 2023   19:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Belajar Mengajar di SDN 02 Bumirejo (Dok. pribadi)

Bumirejo (03/08/2023) - Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah menjadi bahasa asing wajib dipelajari sejak dini, terutama didalam kurikulum sekolah. Hal itu dikarenakan hampir setiap tes, dari mendaftar beasiswa sampai masuk kerja membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Untuk itu, terlepas dari di mana letak sekolahnya, diharapkan agar terdapatnya pembelajaran itu untuk memberikan bekal terbaik bagi generasi yang akan datang.

Pembelajaran bahasa Inggris sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya di luar sekolah bisa rajin mendengarkan musik, menonton serial, mendengarkan podcast, atau bahkan mengikuti les bahasa Inggris. Jika di sekolah, guru juga bisa mengajarkan dengan variasi seperti memutarkan audio maupun video berbahasa Inggris  yang sesuai dengan materi. Dengan begitu, anak-anak menjadi terbiasa dan merasa tertarik untuk terus mempelajarinya.

Kegiatan Mengajar di Kelas 4, SDN 02 Bumirejo (Dok. pribadi)

Seperti program kerja salah satu mahasiswa KKN Undip, Silvia Ziqra (FIB), di SDN 02 Bumirejo, tepatnya kelas 4 dan 5. Mereka dikenalkan dan diajarkan bagaimana cara menyapa dan memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris. Dimulai dari belajar kosa kata, penulisan, serta cara membaca dengan benar melalui pemutaran video menarik. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan, yaitu 2 pertemuan pada tanggal 25 & 27 Juli dan 1 pertemuan pada tanggal 1 Agustus 2023.

Kegiatan Mengajar di Kelas 5, SDN 02 Bumirejo (Dok. pribadi)

Hal itu dilakukan dengan tahap pengenalan kosa kata terlebih dahulu yang setiap kosa kata tersebut diikuti bersama-sama oleh anak-anak. Setelah itu, mereka dilatih untuk menuliskannya dalam bentuk susunan kalimat sederhana. Terakhir mereka diajarkan bagaimana cara membaca kalimat yang sudah mereka susun. Kegiatan itu dilaksanakan guna mengenalkan bahasa Inggris kepada mereka agar nantinya mereka dapat terbiasa dengan bahasa Inggris sejak dini. 

Penulis: Silvia Ziqra (Sastra Inggris, FIB, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan: 

1. Dr. Ir. Abdul Syakur, ST., MT., IPU

2. Ima Wijayanti, S.Pi, M.Si, Ph.D

3. Muhammad Arief Zulian, S.IP. LLM




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline