Lihat ke Halaman Asli

KKN Bojong Kulur 12

Universitas Aisyiyah Yogyakarta

Mahasiswa KKN UNISA Kolaborasi Dengan Pihak YAKKUM untuk Mendukung Kesejahteraan ODDP

Diperbarui: 6 September 2023   11:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri Kegiatan Sosialisasi ODDP di Laguna Pantai Glagah

Bojong Kulur (28/08/2023)-Kesehatan jiwa di masa ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, karena dasar bagi kemampuan manusia untuk berpikir, berekspresi, berinteraksi, berkembang, bekerja hingga mencari hiburan adalah kesehatan mental yang baik. Apabila kesesehatan mental tidak terjaga dengan baik, maka akan muncul gangguan-gangguan mental yang berbahaya bagi mental dan juga fisik.

Penderita gangguan mental sendiri dari tahun ke tahun bertambah jumlahnya, bahkan jumlah penderita gangguan mental di Kalurahan Kulur menjadi peringkat ke 2 terbanyak se Kapanewon Temon. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNISA Yogyakarta yang ditempatkan di wilayah Kalurahan Kulur berkolaborasi dengan pihak YAKKUM (Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum) di bidang kesehatan jiwa sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan mental para penderita gangguan mental atau ODDP (Orang Dengan Disabilitas Psikososial).

Kolaborasi ini menggelar berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan senam sehat, sosialisasi dukungan sosial, dan lomba antar ODDP sekaligus untuk memperingati HUT RI ke 78. Dalam kegiatan ini diikuti oleh para penderita ODDP dari gabungan 3 Kalurahan, diantaranya yaitu Kalurahan Kulur, Kalurahan Kedundang, dan Kalurahan Temon. Kegiatan ini dilakukan pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2023 di Laguna Pantai Glagah Indah dan dihadiri oleh 31 ODDP bersama dengan para caregivernya baik dari pihak keluarga maupun dari pihak kader di wilayahnya. Kegiatan ini juga dihadiri 63 mahasiswa KKN UNISA Yogyakarta yang ditempatkan di wilayah Kulur.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan kondusif atas kolaborasi bersama antara mahasiwa KKN UNISA Yogyakarta dengan YAKKUM. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dukungan sosial dan meningkatkan interaksi sosial para penderita disabilitas psikososial yang hadir sehingga mampu memberikan dukungan kesembuhan para ODDP.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline