Lihat ke Halaman Asli

KKN BOCEK 2021

KKN Bocek 2021

Mahasiswa KKN UM 2021 Lakukan Pembinaan Pemasaran Batik Secara Online

Diperbarui: 23 Juli 2021   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kamis, 24 Juni 2021 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UM telah melakukan sosialisasi pemasaran online melalui media sosial dan e commerce salah satu produk Desa Bocek yaitu batik. Acara sosialisasi diselenggarakan dengan mengundang beberapa pengrajin batik  di rumah salah satu pengrajin batik yang digabung menjadi tempat pembuatan batik Desa Bocek. 

Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa sekaligus memajukan desa. Salah satu potensi Desa Bocek adalah batik khas Bocek yang bernama "Parang Lombok". Produksi kain batik khas Bocek ini telah dilakukan oleh beberapa warga Desa Bocek terutama ibu rumah tangga. 

Salah satu kendala yang dihadapi  para pengrajin batik di Desa Bocek yaitu masih terbatasnya strategi pemasaran yang diterapkan untuk menjual produk kain batik mereka. Pembinaan pemasaran kain batik secara online melalui e commerce dan media sosial lainnya bertujuan untuk membantu para pengrajin batik di Desa Bocek memasarkan produk kain batik yang mereka hasilkan dengan lebih luas.

Pembinaan pemasaran online ini diawali dengan pelaksanaan sosialisasi strategi pemasaran secara online kepada para pengrajin batik, kemudian dilanjutkan dengan langkah-langkah pembuatan dan penggunaan media sosial untuk pemasaran kain batik. Pada kegiatan ini juga disampaikan beberapa tips dan trik menarik konsumen di media sosial serta mencegah penipuan secara online. Kegiatan sosialisasi ini dimulai pada pukul 09.30 hingga 10.30 dan dihadiri oleh beberapa pengrajin batik di Desa Bocek bersama dengan mahasiswa KKN UM 2021.

Dokpri

Kegiatan pembinaan ini terus berlangsung selama kegiatan KKN UM 2021 berlangsung dengan komunikasi melalui WhatApp dan membantu para pengrajin batik ketika mengalami kendala dalam pengoperasian akun media sosial serta e commerce mereka. Selain itu, mahasiswa KKN UM juga membantu untuk mengembangkan pola batik baru dari batik khas Bocek "Parang Lombok". Tambahan pola baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan variasi batik khas Bocek tanpa menghilangkan ciri khas dari kain batik Desa Bocek.

Kegiatan pembinaan pemasaran online ini mendapat tanggapan yang positif dari para pengrajin batiik Desa Bocek. Harapannya ke depan pemasaran produk kain batik khas Desa Bocek dapat lebih luas dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga Desa Bocek. Selain itu, dengan adanya perluasan pasar kain batik khas Bocek diharapkan lebih banyak warga Desa Bocek yang berminat untuk ikut melestarikan dan mengembangkan Batik "Parang Lombok" khas Bocek.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline