Lihat ke Halaman Asli

KKN Biologi UNESA

Universitas Negeri Surabaya

Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan Kebangsaan Sejak Dini Melalui TPA Masjid Meri

Diperbarui: 15 Oktober 2023   09:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Magetan, (14/10/2023). Sore ini, Kelompok KKN Biologi UNESA Kelompok 2 melaksanakan salah satu bentuk program kegiatan rutin yaitu mengajar mengaji di TPA Masjid Meri yang berlokasi di Desa Sumbersawit Kab. Magetan. Kegiatan ini berlangsung setiap hari kecuali hari Jum'at dari pukul 16.00-selesai dan diperuntukkan untuk anak anak usia 5-13 tahun baik laki laki dan perempuan tanpa pengecualian.

TPA yang berada di Dukuh Meri yang tidak berjalan atau vakum setelah terjadi Covid-19 dan renovasi masjid sehingga beberapa anak-anak di Dukuh meri dialihkan  ke Dukuh lain. Setelah kami dari KKN-T Keprodian Pendidikan Biologi memulai    mengajar di Dukuh Meri mulai meningkatkan minat anak-anak untuk mengaji kembali sehingga TPA Dukuh Meri berjalan kembali sampai saat ini.

Dengan adanya kegiatan mahasiswa KKN Biologi UNESA mengajar di TPA yang ada di Desa Sumbersawit sangatlah membantu pengajar TPA tersebut karena kekurangan pengajar ngaji. Selain itu, kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang baik dan ceria dari para santri ketika belajar mengaji selain. Kegiatan ini dapat membangun semangat para santri untuk kembali belajar mengaji yang dahulunya sempat vakum dikarenakan adanya renovasi masjid. Harapannya Mahasiswa KKN bersama anak-anak TPA dapat menjalin silaturahmi agar tercipta suasana yang rukun dan harmonis.

Dokpri

Dokpri

Adapun kegiatan rutinan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agama dan kesadaran beragama masyarakat di daerah tersebut. Pelaksanaan program pendampingan mengajar mengaji ini, bukan hanya mengajar mengaji biasa, tetapi sebelum memulai mengajar, Mahasiswa KKN Biologi UNESA juga belajar bersama dengan pendamping TPA Masjid Meri tentang bagaimana cara mengaji yang benar seperti makhraj, lafal, tadjwid dan lainnya. Selain itu, kebiasaan menghafalkan surat pendek juga dilakukan guna untuk melatih daya ingat siswa dan memperlancar cara membaca Al-Qur'an para santri sejak dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline