Lihat ke Halaman Asli

KKN BayurKidul

Mahasiswa/i

Belajar Menyenangkan: BERANG (Belajar, Riang dan Gembira) Mahasiswa KKN UNSIKA menyelenggarakan pendidikan non-formal

Diperbarui: 27 Januari 2024   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Karawang, 26 Januari 2024- Sebanyak enam belas mahasiswa KKN Unsika terlibat aktif dalam pelaksanaan program program Kuliah Kerja Nyata yang diciptakannya, seperti program kerja BERANG (Belajar Riang dan Gembira) yang di peruntukan untuk anak usia dini hingga kelas 1 dan 2 SD. Sesuai arahan dari Kepala Desa Bayur Kidul Bapak H. Darsono A.MK dalam opening ceremony KKN menyampaikan "Anak-anak Desa Bayur Kidul masih ada yang belum mendapat akses pendidikan terutama pada anak usia dini, sehingga untuk bidang pendidikan sebaiknya difokuskan kepada anak usia dini mulai dari PAUD sampai kelas 2 SD".

Kelompok "Kelompok Bermain" yaitu untuk sesi pembelajaran anak usia dini yang berlangsung pada pukul 09.00 hingga pukul 10.30 WIB. "Kelompok Belajar" yaitu untuk sesi pembelajaran kelas 1-2 SD pada pukul 15.30 hingga pukul 17.30 WIB. Kegiatan pembelajaran dilakukan dua kali setiap minggunya di dua tempat, yaitu Posko KKN Unsika dan Rumah kediaman Bapak Ade Patak. Beberapa mata pelajaran yang diajarkan dalam program kerja tersebut yaitu, Calistung (Membaca, Tulis, dan Hitung), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan dan Matematika.

Metode yang digunakan untuk belajar mengajar yaitu metode ceramah dan eksperimental dengan "Fun Learning". Metode ceramah yaitu pemberian materi yang sesuai dengan kelompok usianya. Dan metode eksperimen yang dilakukan yaitu dilakukan berbagai media pembelajaran yang asyik untuk memantik keaktifan siswa dalam pembelajaran. Selain itu, kami memberikan latihan soal untuk mengevaluasi anak-anak dan menyampaikan hasilnya kepada orang tua.

Hari pertama kegiatan, pada tanggal 11 Januari 2024 kegiatan Kelompok Bermain memulai  dengan memperkenalkan diri dari kakak mahasiswa KKN dan adik-adik PAUD yang didampingi oleh orang tuanya. Pembelajaran pertama yaitu mengenalkan huruf alfabet, menebalkan huruf, dan storytelling. Kegiatan diakhiri dengan memberikan adik-adik gambar untuk mewarnai.

Pada hari kedua, 12 Januari 2024 kegiatan Kelompok Bermain dimulai dengan Mahasiswa memperkenalkan materi "Fenomena Alam" yaitu eksperimen gunung aktif (berapi) menggunakan soda kue dan cuka. Setelah itu adik-adik diminta untuk bernyanyi bersama-sama. Kegiatan Taman Bermain diakhiri dengan memberikan adik-adik PAUD gambar gunung untuk diwarnai. Lalu, kegiatan Taman Belajar dimulai dengan Mahasiswa mengenalkan Pancasila sebagai dasar negara kepada murid kelas 1-2 SD. Murid-murid sangat antusias dalam menjawab simbol-simbol Pancasila.

Minggu selanjutnya, di tanggal 16 Januari 2024 pada kegiatan kelompok belajar kami menyediakan kertas latihan yang berisi soal gambar yang harus dihitung berapa jumlahnya, hal ini dilakukan guna melatih ketelitian anak dalam berhitung. Lalu, pada Kegiatan kelompok bermain kami menyediakan media kardus yang digambar pohon apel yang dilubangi untuk dimasukkan cutton buds yang diwarnai merah menyerupai apel, lalu cutton buds yang tertancap di kardus tersebut bisa dihitung jumlahnya oleh anak anak, hal ini dilakukan guna mengajarkan anak usia dini berhitung menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan.

 Pada tanggal 18 Januari 2024, kegiatan kelompok belajar, mahasiswa KKN Bayur Kidul mengenalkan nama nama hewan dalam bahasa inggris, menggunakan media gambar hewan yang ditempel dikardus agar pembelajaran lebih menarik yang diharapkan anak anak dapat mengingat nama hewan dalam bahasa inggris dan mendapatkan vocabulary baru, kegiatan diakhiri dengan anak anak menebak gambar hewan dan menuliskan nama hewan dalam bahasa inggris di papan tulis.  Pada kegiatan kelompok bermain kami meminta anak mewarnai pelangi sebagai media untuk mengenalkan warna pada anak usia dini, dan menempelkan kapas pada gambar awan agar gambar lebih menarik dimata anak.

Pada tanggal 23 januari pada kegiatan kelompok bermain, Mahasiswa KKN mengenalkan angka kepada anak anak usia dini, di awali  dan menyediakan media pembelajaran yaitu kertas yang berisi angka titik titik yang harus ditebalkan oleh anak-anak. Lalu pada kegiatan kelompok belajar kelompok kkn mengenalkan bangun datar menghitung sisi dan sudut setiap bangun datar.

Kegiatan BERANG berakhir di tanggal 26 januari. Pada kegiatan kelompok bermain, kelompok KKN menyediakan media cat air warna dan origami yang digunting hingga berbentuk   seperti pot bunga dan kertas HVS untuk anak memberi cap warna dan menggambar bunga. lalu sesi kelompok bermain berakhir dengan kertas karton yang ditempeli cap tangan anak anak dan mahasiswa kkn yang mengajar yang tangannya sudah diolesi oleh cat air. Begitu pula pada kegiatan kelompok belajar kami menggunakan media pembelajaran yang sama. Dalam kegiatan akhir BERANG, kami menyiapkan karton putih untuk anak-anak dapat menuliskan cita-cita di bawah cap tangannya.

Riyadh Alfaridzi selaku Koordinator Kelompok KKN Di Bayur kidul menyatakan bahwa "Program Kerja BERANG difokuskan untuk membantu anak-anak khususnya anak usia dini dan anak kelas 1 dan 2 SD untuk mendapatkan edukasi di luar jam belajar formal dengan metode yang menyenangkan sesuai arahan dari kepala desa Bayur Kidul".

Antusiasme murid sangat luar biasa terhadap program ini. Dilihat dari kehadiran mereka yang selalu ada tiap minggunya. Para siswa juga meminta agar kegiatan tidak hanya dua kali saja per minggunya, tetapi dapat rutin setiap hari. Dengan adanya program ini, Tim KKN Unsika berharap kegiatan ini dapat belanjut dan menarik antusiasme anak-anak terus aktif pada saat belajar dimanapun dan kapanpun siswa itu berada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline