Lihat ke Halaman Asli

KKN 38 BATU BARA

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswa/i KKN 38 UIN Sumatera Utara Melakukan Kegiatan Moderasi Beragama di Desa Mangkai Lama yang Mayoritas Masyarakatnya Beragama Islam

Diperbarui: 27 Agustus 2024   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN 38 UINSU

Mahasiswa/i KKN 38 UIN Sumatera Utara melakukan kegiatan moderasi beragama di desa mangkai lama, kegiatan moderasi beragama merupakan salah satu projek inti dari UINSU yang harus kami laksanakan. Kegiatan moderasi beragama tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan toleransi dan silaturahmi di sekitar desa mangkai lama yang mayoritas masyarakat bergama islam.

Kegiatan moderasi beragama merupakan salah satu upaya yang dilaksanakan untuk mengatasi konflik sosial serta untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama, walaupun mayoritas masyarakat di desa mangkai lama ini beragama islam semua tetapi moderasi beragama tetap kami laksanakan dengan mengikuti kegiatan wirid yang ada di desa mangkai lama. Kegiatan wirid yang kami datangi ini tidak hanya sekedar datang dan mengikutinnya saja, akan tetapi salah satu mahasiswa KKN 38 UINSU sedikit memberikan tausiahnya kepada ibu-ibu desa mangkai lama seperti, pentingnya kehidupan beragama yang baik dan benar untuk meningkatkan kualitas keimanan dimasyarakat.

Kegiatan ini kami ikuti untuk memberikan pemahaman bahwa moderasi beragama penting dilakukan. Walaupun dengan mayoritas masyarakat beragama islam semua, tetapi dengan adanya moderasi beragama di masyarakat dapat meningkatkan nilai-nilai dalam agama islam yang mengajarkan persaudaraan, cinta kasih, dan tolong menolong. Moderasi beragama tidak hanya bertujuan  untuk meningkatkan toleransi antar umat saja tetapi menanamkan di diri bahwa moderasi beragama juga bisa untuk meningkatkan rasa saling menghargai, menghormati, dan meningkatkan hubungan silaturahmi antar warga.

Kegiatan moderasi beragama ini melibatkan beberapa mahasiswa/i KKN 38 UIN Sumatera Utara dan ibu-ibu warga desa mangkai lama. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan rasa yang lebih erat antar sebagian masyarakat dan meningkatkan hubungan silaturahmi antar warga.

KKN 38 UINSU




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline