Lihat ke Halaman Asli

KKN UM BANJAREJO 2022

KKN Universitas Negeri Malang

Input Data Vaksinasi COVID-19 Melalui Aplikasi PCare Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang

Diperbarui: 4 Juli 2022   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Malang (17/06) - Mahasiswa KKN regular Model Blok Semester Antara tahun akademik 2021/2022 melakukan kegiatan penginputan data vaksinasi Desa Banjarejo ke dalam sistem aplikasi PCare. Adapun Dosen Pembimbing Lapangan dari kegiatan “Penginputan Data Vaksinasi Masyarakat Banjarejo” adalah Ibu Yuniawatika, S.Pd, M.Pd. serta penanggung jawab kegiatan terdiri dari Kelvin Suryandi dan Enza Lailatul Faricha,. Kegiatan penginputan data menggunakan aplikasi PCare ini berisi data vaksinasi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi tahap pertama maupun vaksinasi tahap kedua, berdasarkan nama dan tempat tinggal.

Data isian dari vaksinasi diinput kembali oleh Mahasiswa KKN ke dalam aplikasi untuk mencegah terjadinya kekeliruan data peserta. Data yang peserta KKN input sebanyak 7019 masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang belum melakukan vaksinasi. Dalam penginputan data vaksinasi menggunakan website PCare yang dimana kita mendata menggunakan akun dari balai desa Banjarejo, dalam penginputan datanya sendiri kita perlu menginputkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) warga desa Banjarejo, untuk mengetahui data warga yang telah vaksinasi.

Untuk antisipasi terjadi penumpukan sasaran, maka diharapkan masing-masing daerah dapat membuat kebijakan untuk mengatur pelaksanaan sesuai kapasitas pasien dan kebijakan daerah setempat. Saat ini masyarakat dapat dengan mudah dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Pcare vaksin COVID-19. Pcare vaksin COVID-19 sendiri merupakan bagian dari sistem informasi satu data vaksinasi COVID-19 yang mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, serta mencatat dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi COVID-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline