Lihat ke Halaman Asli

Nila Andarista

Im A Documenter of KKN Bago

Pelaksanaan Pembelajaran pada Program Diniyah di TPQ Al-Muttaqin Bago

Diperbarui: 11 Februari 2022   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

BAGO, TULUNGAGUNG – Kegiatan divisi beragama pada hari ini, tanggal 10 Februari 2022 yaitu mengajar di TPQ Al-Muttaqin. Kegiatan berlangsung setelah melaksanakan shalat ‘ashar, tepatnya yaitu pada pukul 15.15 WIB, dimana mengenai letaknya yaitu tepat berada di lantai 2 masjid Al-Muttaqin. 

Adapun jumlah keseluruhan dari santriwan dan santriwati kurang lebih ada 25 anak, dengan di dampingi oleh dua ustadzah bernama ustadzah Ami’ dan ustadzah Hindun. 

Kami dari divisi beragama yang beranggotakan antara lain: Muhammad Baidhowi, Isma Iffah Sayyidah, Siska Adin Nafi’ah, Razani, Delna Nur, Asalul Nugraini, Nurul warida dan Rara Annisaa, pada awalnya hanya melihat dan mendengarkan bagaimana rangkaian kegiatan di TPQ tersebut, sampai pada akhirnya salah satu dari ustadzah menyuruh kami untuk membantu mengajar, baik mengajar IQRO’ maupun mengajar Al-Qur’an. Kembali kepada rangkaian kegiatan di TPQ tersebut, setelah kami lihat dan kami ikuti, berikut adalah rangkaian kegiatannya:

  1. Pukul 15.15 WIB, santriwan dan santriwati masuk ke tempat mengaji dan berdo’a bersama yang dipimpin langsung oleh ustadzah Ami’.
  2. Selanjutnya ustadzah Ami’ mengawali mengaji dengan mereview materi-materi yang sudah diajarkan sebelumnya, baik mengenai bacaan yang ada dalam shalat, pelafalan bacaan dari surat-surat yang ada di Al-Qur’an, menyebutkan jumlah rukun Iman maupun jumlah Nabi yang wajib diimani dan nama bulan dalam Islam.
  3. Selanjutnya dilanjutkan dengan sorogan Al-Qur’an dan IQRO’. Untuk sorogan Al-Qur’an itu sendiri langsung dengan ustadzah Ami’ serta dibantu oleh sebagian anggota dari divisi beragama. Sedangkan untuk sorogan IQRO’ langsung dengan ustadzah Hindun serta dibantu oleh sebagian anggota dari divisi beragama yang lain, dimana sebelum sorogan IQRO’ dimulai, ada sedikit tulisan di papan dari ustdazah Hindun yang harus ditulis oleh santriwan dan santriwati.
  4. Setelah kegiatan menulis dan kegiatan sorogan selesai, semua santriwan dan santriwati istirahat.
  5. Adapun setelah waktu istirahat selesai, semua santriwan dan santriwati kembali ke tempat awal mereka mengaji dan bersiap-siap untuk pulang. Namun sebelum itu, ustadzah Ami’ memberikan sedikit materi tambahan dan beberapa pertanyaan, kemudian diakhiri dengan berdo’a bersama serta berjabat tangan (mushofahah).

Dokpri

2-620662f2b4616e4add0b1b63.jpeg

Santriwati sedang mengaji sorogan IQRO’ dan Al-Qur'an dengan mahasiswi/dokpri

Santriwan dan santriwati berjabat tangan (mushofahah) sebelum pulang/dokpri





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline