Lihat ke Halaman Asli

KKN MBKM Peduli Stunting 2023

Universitas Negeri Malang

Pentingnya Peran Ayah dalam Pola Asuh Anak! Mahasiswa UM Memberikan Pengetahuan Tentang Pola Asuh Anak yang Baik untuk Para Ayah

Diperbarui: 13 Desember 2023   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar : Edukasi pentingnya peran ayah dalam pola asuh anak di kegiatan yasinan Desa Asmorobangun/Dokpri

Desa asmorobangun (28/11/2023) Kuliah Kerja Nyata (KKN) S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan penyuluhan bagi para ayah pada Kamis, 28 September 2023 di salah satu rumah warga yang berada di Dusun Sidorejo Desa Asmorobangun Kec. Puncu.

Berdasarkan Survei Kesehatan Dasar (RISKESDAS)  tahun 2018, prevalensi stunting pada anak usia 0 hingga 59 bulan di Jawa Timur mencapai 32,81%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan prevalensi stunting nasional  sebesar 30,8%.

Status stunting dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya ialah pola asuh orang tua yang baik, sebagai seorang ayah dalam keluarga berperan penting dalam menjamin tumbuh kembangnya anak secara optimal, terutama untuk mencegah terjadinya stunting pada anak.

Penyuluhan ini diberikan bertujuan agar para ayah yang diberikan mampu meningkatkan pengetahuan Peran Ayah dalam Pola Asuh untuk Peningkatan Gizi Anak. "Program ini di ikuti oleh 21 para ayah di Dusun Sidorejo Desa Asmorobangun". Faktanya masih banyak ayah yang masih belum memahami pentingnya peran ayah dalam tumbuh kembang anak.

Target keberhasilan dari program yang berjudul "Peran Penting Ayah Dalam Pencegahan Stunting" dapat dilihat dari hasil nilai pre-post yang kami berikan sebelum dan sesudah penyuluhan dilaksanakan. Dari hasil penyuluhan yang kami lakukan dapat meningkatkan pengetahuan peran ayah dalam pola asuh untuk peningkatan gizi anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline