Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok 08

KKN MBKM UMD Kelompok 08

Mahasiswa KKN UNEJ di Desa Arjasa Melakukan Pembaharuan Logo UMKM

Diperbarui: 13 Juli 2022   06:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo salah satu UMKM Desa Arjasa yang telah diperbaharui oleh mahasiswa KKN (dokpri)

Era modern sekarang ini pertumbuhan ekonomi begitu cepat terasa. Berkat pertumbuhan ini persaingan dalam dunia bisnis begitu ketat dirasakan. Hal inilah yang mendorong pedagang-pedagang di bidang kuliner semakin berlomba-lomba dalam memperkenalkan dan mempromosikan kemasan dan logo yang dibuat.

Menurut Mardiono (2014: 1) Kemasan / packaging berasal dari kata package yang artinya sepadan dengan kata kerja "membungkus atau "mengemas dalam bahasa Indonesia, sehingga secara harfiah pengertian packaging dapat diartikan sebagai pembungkus atau kemasan. Sedangkan Menurut Surianto dan Rustan (2009: 13) Logo adalah Kata logo adalah penyingkatan dari logotype. Istilah logo baru bermunculan tahun 1037 dan kini istilah logo lebih populer daripada logotype Logo bisa menggunakan elemen apa saja: tulisan, logogram, gambar, ilustrasi dan lain-lain. Logo memberikan penguatan atas suatu identitas, informasi, persuasi yang akhirnya sebagai alat pemasaran. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam.

Penggunaan logo dan gambar akan memudahkan orang untuk mengingat karena pada dasarnya, manusia diciptakan untuk lebih mudah mengingat sebuah gambar atau simbol dalam mengenali sesuatu. 

Mahasiswa KKN kelompok 8 Desa Arjasa  menemui permasalahan  bahwa sebagian dari UMKM di desa arjasa tidak menggunakan logo pada produk yang dijual dan ada juga yang menggunakan logo pada produk yang dipasarkan tidak menarik karena hanya menampilkan tulisan saja serta kemasan yang digunakan masih menggunakan plastik bening yang kurang menarik.

Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Kelompok 8 Desa  Arjasa berinisiatif untuk mendampingi pelaku umkm dalam pembuatan logo produk.  Pembuatan logo ini bertujuan memberikan beberapa informasi terkait produk supaya produk yang dipasarkan lebih menarik dan berkelas, akan membuat kesan positif kepada konsumen selain itu  dapat dikenal dan diingat oleh konsumen sehingga dapat mendorong mendorong konsumen untuk melakukan tindakan pembelian produk. Pembuatan logo ini menggunakan aplikasi editing canva.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline