Lihat ke Halaman Asli

KKN Kelompok 08

KKN MBKM UMD Kelompok 08

Menumbuhkan Semangat Berbagi Murid RA Nurul Iman Melalui Pembagian Zakat Fitrah di Bulan Suci Ramadan

Diperbarui: 22 April 2022   00:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

RA Nurul Iman merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Kementrian Agama bagi anak usia dini yang terletak di Dusun Gumitir, Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. 

RA Nurul Iman ini berdiri sejak tahun 2019 dan murid yang mendaftar di RA ini awalnya sudah mencapai 60 murid, namun pada saat pandemi Covid-19 tahun 2020 mengalami penurunan. Total murid pada tahun ajaran 2021/2022 adalah sebanyak 43 murid. 

Sebagian besar murid RA Nurul Iman ini berasal dari Desa Arjasa dan Desa Darsono. RA Nurul Iman adalah satu-satunya RA yang ada di Desa Arjasa. RA ini pada kesehariannya melaksanakan kegiatan belajar mengajar mulai dari pukul 8.00-11.00 WIB. Namun pada saat bulan Ramadan, jam belajar berlangsung pada pukul 8.00-10.30 WIB.

RA Nurul Iman memiliki kegiatan rutin yang dilaksanakan pada bulan suci Ramadan, yaitu pembagian zakat fitrah. Zakat fitrah yang dibagikan oleh RA Nurul Iman berasal dari murid dalam bentuk beras dan uang tunai. Pembagian zakat fitrah ini dilakukan oleh para guru dan murid yang bersekolah di RA Nurul Iman. 

Para guru melibatkan murid dalam pembagian zakat fitrah bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama yang ditumbuhkan sejak dini. Selain itu, murid-murid juga diajarkan bersosialisasi dengan masyarakat serta menghibur mereka yang kesusahan. Selain menumbuhkan rasa peduli pada yang lebih membutuhkan, kegiatan ini juga mengajarkan murid RA berbagi kebahagiaan di bulan suci Ramadan

Dokpri

Pembagian zakat fitrah dilakukan selama dua hari, yaitu pada hari Jumat-Sabtu, 15-16 April 2022. Pembagian zakat fitrah dimulai pada pukul 09.00 WIB. 

Mahasiswa KKN MBKM UMD Kelompok 8 berperan dalam pendampingan dan membantu menertibkan murid-murid yang ikut dalam pembagian zakat fitrah ini. Pembagian zakat fitrah yang dilakukan RA Nurul Iman ini difokuskan terhadap fakir miskin dan anak yatim yang ada di sekitar RA Nurul Iman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline