Lihat ke Halaman Asli

KKN MBKM UNEJ PERIODE II

UNIVERSITAS JEMBER

Memperkenalkan Potensi Desa sebagai Identitas Desa Arjasa dalam Bentuk Video Profile

Diperbarui: 14 Desember 2022   18:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ARJASA, JEMBER (12/01) --  Di jaman dimana publik menyadari video sebagai salah satu media untuk menyebar informasi kepada khalayak umum, Pembuatan video profile yang memperkenalkan identitas serta potensi yang ada di Desa Arjasa juga dipilih sebagai salah satu program yang dikerjakan oleh Mahasiswa KKN MBKM UMD Periode ke 2.  Tujuan Pembuatan video profile pun dikatakan sebagai bentuk promosi kepada masyarakat luar khususnya masyarakat yang aktif dalam dunia digital atau media sosial dengan platform video sebagai media utama seperti YouTube.

Projek yang sama sebenarnya telah dilakukan oleh Mahasiswa KKN Periode sebelumnya dengan bahasan utama yakni UMKM produk konsumsi, khususnya olahan singkong seperti tape dan keripik. Kali ini, video profile yang dibuat oleh Mahasiswa KKN MBKM UMD Periode ke 2 memberikan fokus utamanya kepada kesenian lokal serta UMKM yang terkait dengan kesenian tersebut.

Video profile yang berdurasi 2 menit 26 detik ini secara ringkas, padat, dan jelas memberikan gambaran tentang kesenian lokal arjasa serta UMKM yang terkait dimulai dengan perkenalan situs Calok yang terdiri atas 18 Batu Kenong yang digunakan sebagai instrumen penyembahan dimasa Megalithikum, kemudian dalam scene kedua dikenalkan kesenian Lukis Bakar sebagai salah satu UMKM Kesenian yang dihargai ratusan hingga jutaan rupiah. Kemudian terlihat pengenalan tentang Batik Silabango yang terkenal dengan motif batu kenong dan can macanan yang merupakan kesenian khas arjasa.

Selanjutnya dperlihatkan kesenian can macanan yang juga merupakan kesenian lokal desa Arjasa, dan diakhiri kesenian khas Desa Arjasa yang sudah terkenal dan satu-satunya di daerah kabupaten Jember, yakni kesenian Ta'Buthaan.

Video profile ini selain di upload di platform sosial media seperti YouTube, juga dipamerkan dalam stand Mahasiswa KKN MBKM UMD Periode ke 2 dalam acara Ngobrol Pagi Selaraskan Asa untuk Desa (Ngopi Selasa) edisi 50" dengan tema "Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Kabupaten melalui KKN Tematik Mendukung Desa Sadar Data yang diadakan oleh LP2M di ruang Auditorium Universitas Jember.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline