Lihat ke Halaman Asli

KKN MBKM UNEJ PERIODE II

UNIVERSITAS JEMBER

Mahasiswa KKN UNEJ | Mengintip Indahnya Kesenian Lukis Bakar di Desa Arjasa

Diperbarui: 13 Oktober 2022   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Lukis bakar atau yang nama kerennya "Pyrography" adalah suatu seni lukis tangan dengan alat solder yang panas dan ber mediakan kayu sebagai kanvas untuk menggambarnya. Melukis menggunakan solder yang ber mediakan kayu bukanlah hal yang mudah,butuh keterampilah khusus untuk mengerjakannya.

Pada tanggal 11 September 2022 mengunjungi pameran lukis bakar yang bertempat di gedung RRI Jember . Disana ditampilkan banyak karya seni lukis bakar, berikut diantaranya :

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Tak hanya lukisan saja yang terpajang saja. Thoni pengrajin karya lukis bakar, bisa juga membuat karya seperti kotak penyimpanan yang bergambarkan seni.

Dok. pribadi

Tidak hanya pasar local saja, di pasar nasional juga ia mampu menembus jumlah produksi yang bisa dibilang cukup banyak. Harga dari pembuatan lukis bakar ini sangat beragam,tergantung permintaan dari konsumennya. Semakin bagus bahan yang dipakai maka semakin mahal juga harganya,begitu pula desainnya,semakin rumit desainnya maka semakin mahal harganya. Untuk tempat produksinya,Thoni menggarap sekian banyak karya di rumahnya sendiri.

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline