Lihat ke Halaman Asli

KKN-T Unesa Kelompok 4 Menyelenggarakan Program Kampung Berseri bersama Warga untuk Memanfaatkan Lahan Kosong

Diperbarui: 15 Desember 2023   11:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi KKNT Kelompok 4 UNESA 

Dokumentasi Pribadi KKNT Kelompok 4 UNESA 

Kampung Berseri merupakan salah satu program kerja dari KKN-T Unesa Kelompok 4 dengan tema "Memupuk kolaborasi masyarakat melalui kampung berseri untuk meningkatkan Desa Mantren yang lebih asri".

Kampung berseri adalah program yang akan dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan berkaitan dengan penghijauan lingkungan di Desa Mantren. Kemudian akan diadakan penanaman pohon yang telah di stek dan penanaman bibit di sekitar lingkungan desa dan rumah warga. Pada program ini kami menanam bibit cabai, terong, dan pohon pule. Tanaman cabai dan terong dipilih karena mudah untuk ditanam serta memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu sebagai bumbu dapur. Sedangkan pohon pule sendiri cara menanamnya berbeda dengan cabai dan terong namun menggunakan cara stek batang. Metode stek batang merupakan cara yang efektif serta mempercepat waktu untuk menghasilkan banyak tanaman baru dari tanaman induk yang diinginkan.

Pada program ini nantinya akan dilaksanakan sosialisasi terkait pentingnya penghijauan di area pemukiman warga. Hal ini dilakukan agar warga Desa Mantren tertarik untuk menanamnya sehingga dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada disekitar. Sebelum mensosialisasikan, kami mencoba untuk menanam dan melakukan stek batang terlebih dahulu. 

Pada kegiatan sosialisasi kami menyampaikan cara pemanfaatan lahan kosong, mempraktekkan bagaimana cara stek batang, dan bagaimana cara merawat tanaman tersebut. Kami juga mempersiapkan beberapa polybag yang sudah ditanami bibit cabai dan terong nantinya bibit tersebut akan diberikan kepada warga sekitar dan untuk hasil stek pohon pule nantinya akan ditanam di lahan yang kosong. Penanaman bibit dan pohon pule ini dapat membantu menjaga keberlangsungan ekosistem.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline