Lihat ke Halaman Asli

KKN Alter 89

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Berkebun di Tanah Beton

Diperbarui: 29 Desember 2023   00:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Alternatif Periode 89 UAD unit I.D.1. Dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 89 unit I.D.1 mendampingi kegiatan berkebun kelompok tani kembang telang sebagai wujud dalam memperkenalkan keanekaragaman hayati pada masyarakat luar. Kegiatan ini berlangsung di kelurahan Brontokusuman, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Kegiatan ini dilakukan oleh Rido Aulia (Sastra Inggris) selaku ketua unit, Muhammad Akbar Rhamdan Putra Abdi (Psikologi), Xelentia (PBSI), Anisa Nur Hutami (Kesehatan Masyarakat), Jany Fitria Khoirunisa (PAI), Dima Wahyu Nugroho (PAI), Lintang Anggita Prasetyawati (Pendidikan Biologi), Anisa Nur Rahmawati (PAI), Cicilia Putri Ramdani (Sistem Informasi), Dwi Zainu Afif (Bimbingan Konseling) serta masyarakat kelompok tani kembang telang.

Muhammad Akbar, Humas unit mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di RW 12 Brontokusuman, Mergangsan, sebagai dari wadah dalam memperkenalkan dan menciptakan inovasi baru terhadap kegiatan bercocok tanam di tanah beton. "Kami menyadari bercocok tanam di tengah kota yang dikelilingi gedung-gedung tinggi tidaklah mudah, bidang tanah yang tidak rata dan kehumusan tanah yang kurang bagus menjadi tantangan tersendiri bagi kelompok tani kembang telang. Maka dari itu, kami ingin kegiatan bercocok tanam menjadi upaya pembaruan pertanian modern di masa mendatang," ujarnya, Selasa (26/23).

Kelompok ini tidak hanya mendampingi kegiatan saja. Namun, inovasi baru juga diperkenalkan untuk mempermudah proses bercocok tanam seperti pemanfaatan limbah air lele sebagai pupuk cair, air lindi, kompos takakura, dan pupuk organik hasil penguraian makanan sisa dari maggot.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline