Lihat ke Halaman Asli

Tambah Pengetahuan Baru, Mahasiswa Kkn Mit-16 Uin Walisongo Semarang Hadiri Program untuk Ibu Hamil

Diperbarui: 15 Juli 2023   22:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

DEMAK-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram 16 (KKN MIT-16) UIN Walisongo Posko 137 hadiri penyuluhan sekaligus pemberian materi untuk ibu hamil pada hari sabtu (15/07/2023) yang bertempat di Posyandu Arumsari atau rumah dari Bapak Junaedi selaku Kepala Dusun Ndolog.

Penyuluhan dan pemberian materi ini merupakan program yang dilakukan secara rutin dengan jangka waktu sebulan sekali yang dihadiri oleh ibu-ibu hamil desa Kembangarum dengan pemateri dari Lembaga Posyandu Desa. Program ini sendiri merupakan realisasi dari salah satu program Posyandu yang bergerak di bidang ibu hamil dan anak.

Program ini dimulai dengan pengenalan dari petugas Posyandu, selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi sekaligus bedah buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Program ini tidak hanya dilakukan untuk new born oleh masing-masing ibu hamil. Menurut Kesehatan Ibu dan Anak, pada umumnya dalam proses persalinan ada sepuluh pembukaan dan setiap satu pembukaan dikalkulasikan dalam kurun waktu satu jam yang artinya estimasi waktu selama persalinan adalah sekitar sepuluh jam jika memang benar-benar lancar.

Masing-masing ibu hamil harus memiliki buku Kesehatan Ibu dan Anak dari posyandu. Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas, ibu hamil juga harus rutin memeriksakan kehamilan selama satu bulan sekali untuk memastikan Hari Perkiraan Lahir (HPL).

Pada program ibu hamil ini, lebih fokus pada pembahasan buku Kesehatan Ibu dan Anak, "Minimal periksa kandungan adalah sekitar 6x jika sesuai dengan buku Kesehatab Ibu dan Anak" tutur Ibu Annik selaku tenaga kesehatan yang bertugas di Posyandu tersebut.

Penulis: Arina Gyan A.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline