Lihat ke Halaman Asli

kkn99 jambesari

Mahasiswa Universitas Jember

Sosialisasi Ecobrick Bergerak Menuju Zero Waste oleh Mahasiswa KKN 99 UMD UNEJ

Diperbarui: 7 Agustus 2024   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : Dokumentasi KKN 99 Jambesari

Mahasiswa KKN 99 UMD Universitas Negeri Jember (UNEJ) melakukan sosialisasi tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik dengan metode ecobrick di MI Annuqayah Jambesari, Bondowoso, pada tanggal 1 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat mahasiswa selama KKN. 

Ecobrick adalah inisiatif tanggung jawab sampah yang mengubah sampah plastik menjadi bata hijau bermanfaat. Melalui sosialisasi ini, mahasiswa KKN UNEJ menyampaikan penjelasan tentang ecobrick kepada siswa kelas 1 sampai 4 SD. Materi yang disampaikan meliputi pemahaman tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, cara membuat ecobrick, serta manfaat ecobrick bagi lingkungan.

Sumber : Dokumentasi KKN 99 Jambesari

Tujuan sosialisasi ecobrick yang dilaksanakan di MI Annuqayah Jambesari ini adalah membangun kesadaran anak sejak dini untuk peduli lingkungan. Saat sosialisasi, siswa juga antusias untuk mempraktekan bagaimana cara membuat ecobrick bersama mahasiswa. Diharapkan siswa dapat terlibat secara nyata dalam pengelolaan sampah plastik di sekolah dengan metode ecobrick.

Pembelajaran mengenai cuci tangan yang baik dan benar juga dilaksanakan setelah sosialisasi ecobrick. Kegiatan ini bermanfaat dalam menanamkan pola hidup bersih dan sehat pada anak-anak. Mereka diajarkan mengenai cuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun yang meliputi enam langkah. Mereka juga diajarkan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, sesudah buang air, dan sesudah melakukan aktivitas di luar ruangan. Diharapkan para siswa dapat menjaga kesehatan diri dan orang terdekat. Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan kebersihan diri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline