Lihat ke Halaman Asli

KKN 97 Banjaragung

KKN-T MBKM Kelompok 97 UPN "Veteran" Jawa Timur

Kelompok 97 KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Turut Serta Dalam Kegiatan PROLANIS

Diperbarui: 23 Juni 2022   23:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

Jombang 16/06/2022 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM Kelompok 97 Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si. ikut berpartisipasi dalam kegiatan PROLANIS yang berlokasi di Balai Desa Banjaragung. PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) merupakan salah satu program layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kualitas hidup masyarakat dan memulihkan penyakit dengan biaya yang terjangkau.

Kegiatan PROLANIS yang dilaksanakan di Balai Desa Banjaragung antara lain : senam pagi, konsultasi kesehatan, pemantauan status kesehatan, pemeriksaan lab, dan penyuluhan. Kegiatan ini turut menggandeng Puskesmas Bareng sebagai pihak yang memberikan penyuluhan tentang kesehatan. Setelah berkonsultasi kepada tim dokter, para anggota klub PROLANIS diberikan obat sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pemeriksaan kesehatan para anggota klub PROLANIS dimulai pada pukul 08.00 WIB yang mana diikuti sekitar 75 orang.

Terdapat beberapa manfaat menjadi bagian dari keanggotaan klub PROLANIS, antara lain : (1) Anggota dapat berkonsultasi mengenai kesehatan secara teratur setiap bulannya, (2) Mendapatkan informasi tentang kesehatan dari sumber yang terpercaya, (3) Anggota mendapat SMS sebagai pengingat untuk segera memeriksakan diri, dan (4) Diberikan fasilitas berupa home visit dari tenaga medis.

DPL : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si.

Penulis : Ratih Mustika Dewi dan Shafira Zalfa Adiningrum




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline