Lihat ke Halaman Asli

KKN 97 Banjaragung

KKN-T MBKM Kelompok 97 UPN "Veteran" Jawa Timur

Tingkatkan Strategi Promosi Makanan dan Minuman Khas Usaha Mikro Desa Banjaragung: Mahasiswa KKN Latih dan Dampingi Foto Produk

Diperbarui: 24 April 2022   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok, pribadi

Dok, pribadi

Dok, pribadi

Dok, pribadi

Dok, pribadi

Jombang 23/04/2022- Salah satu program kerja KKNT MBKM Kelompok 97 Desa Banjaragung Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si., yang merupakan kelanjutan dari program kerja Penyuluhan Usaha Mikro oleh Dinas Koperasi dan UM Jombang adalah "Pelatihan dan Pendampingan Foto Produk dan Pemasangan Banner". Kegiatan ini dilakukan pada lima Usaha Mikro (UM) di Desa Banjaragung selama satu minggu. Pelatihan dan Pendampingan dimulai pada hari Senin, 18 April 2022 dan berakhir pada hari Jum'at, 22 April 2022 dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Masing-masing UM akan mendapatkan pendampingan foto produk selama satu hari. Pelatihan dan Pendampingan Foto Produk dan Pemasangan Banner pada hari pertama bertempat di UM Kripik Pisang dan Tempe milik Bapak Supreh dan Ibu Pipit. Sasaran UM pada hari berikutnya adalah UM Krecek Petulo dan Rengginang milik Ibu Piah. Selanjutnya secara berurutan hingga hari kelima adalah UM Peyek dan Keripik Singkong Dua Bersaudara milik Ibu Srianti, dilanjut UM Jamu Tradisional milik Ibu Sriyani kemudian yang terakhir ditutup oleh UM Sari Kedelai Amanah Jaya milik Ibu Ulfa.

Setiap kegiatan yang berlangsung diawali dengan (1) Pemasangan Banner, (2) Pemasangan properti untuk mempercantik foto produk, (3) Foto produk, (4) Foto bersama dengan pemilik UM, (5) Yang terakhir, hasil foto akan disunting terlebih dahulu untuk kemudian diserahkan pada masing-masing UM sebagai bahan promosi.

Setap sesi foto produk dilakukan di tiap-tiap tempat UM dengan menggunakan hiasan penunjang sederhana namun dapat diatur secantik dan semenarik mungkin. Foto poduk diambil berdasarkan produk - produk asli yang disesuaikan dengan angle dan porsi yang tepat. Hasil foto disertai dengan video pendek yang menarik akan dapat menggugah selera konsumen untuk membeli.

DPL : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si.

Penulis : Nadia Hanifa Febriana dan Salsabyla Kirana Gani Famulya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline