Lihat ke Halaman Asli

KKN TEMATIK 04 Sumberdanti

Universitas jember

KKN Tematik UMD: Mengunjungi Potensi dan Fasilitas Umum di Desa Sumberdanti

Diperbarui: 11 Januari 2023   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kunjungan potensi desa ialah awal dari penentuan Program Kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik UMD di dua Kabupaten Jember & Bondowoso Tahun 2022.

KKN Tematik adalah Kuliah Kerja Nyata yang diprogramkan oleh Universitas Jember, dimana program ini berbeda dengan KKN Kolaboratif. KKN Tematik merupakan program yang diselenggarakan oleh Universitas Jember sendiri selama 40 hari, dan salah satu nya ada di Desa Sumberdanti, Kecamatan Sukowono, Kabupaten Jember. 

Satu hari setelah penerjunan, kami mengunjungi balai desa dan berkeliling untuk mengetahui potensi yang berada di desa. Potensi tersebut diantaranya pembuatan sangkar burung, batik tulis, dan pabrik tahu. Pembuatan sangkar burung dan pembuatan tahu merupakan salah satu UMKM yang membuat Desa Sumberdanti dikenal banyak orang, sementara untuk Batik Tulis sendiri merupakan UMKM yang masih terbilang baru dalam proses pembuatan dan pemasaran. Terakhir, terdapat pabrik tahu yang termasuk UMKM paling lama berdiri di Desa Sumberdanti. 

Setelah satu minggu berada di Desa Sumberdanti, kami melakukan penerjunan ke beberapa tempat yang memiliki potensi, fasilitas umum yang tersedia,dan kegiatan desa yang kami diperkenankan untuk datang. Selain pembuatan sangkar burung yang dilakukan setelah hari penerjunan terdapat juga sangkar burung yang bisa melakukan seluruh pembuatan dari awal sampai selesai karena untuk pembuatan sangkar burung yang sebelumnya hanya sampai setengah pembuatan. 

Tidak hanya itu, terdapat juga fasilitas umum yang ada di Desa Sumberdanti diantaranya ialah masjid Al-Iman, puskesmas pembantu, lapangan volley, serta lapangan sepak bola, Sekolah Dasar 01 & 02 Sumberdanti, dan yang terakhir terdapat sumber air yang ada di Desa Sumberdanti. Beberapa kegiatan juga kami lakukan seperti acara shalawat bersama se-Gumukjajar dan berkenalan dengan masyarakat sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline