Lihat ke Halaman Asli

KKN92UPNVJT

KKN Tematik Kel 92 Desa Wonomerto

Pembaharuan Wisata Sumber Biru Melalui Pemasangan Plangisasi

Diperbarui: 8 Juli 2022   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jombang/06/04/2022 - Salah satu program kerja KKNT Kelompok 92 UPN Veteran Jawa Timur di Desa Wonomerto adalah pemasangan plang petunjuk arah untuk tempat Wisata Sumber Biru. Seluruh mahasiswa KKN berpartisipasi dalam pembuatan plang. 

Plangisasi ini dilakukan karena di Wisata Sumber Biru ini masih kurang penunjuk arahnya. Lokasi wisata yang cukup luas dan berada dalam lingkungan alam yang masih banyak pepohonan rindang, membuat tempat ini membutuhkan plang-plang penunjuk arah untuk membantu wisatawan.

Tujuan plangisasi ini sendiri tidak lain adalah untuk memberikan semacam petunjuk pada wisatawan mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi. 

Plangisasi ini merupakan salah satu media informasi berupa papan penunjuk arah dengan tujuan untuk mempermudah orang, dalam menunjukan batas - batas wilayah dan lokasi yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat,khususnya wiaatawan yang berkunjung. Sehingga pembuatan dan perbaikan papan penunjuk arah sangat diperlukan untuk menambah informasi masyarakat agar mudah dalam mencari lokasi atau tempat yang di inginkan.

Pembuatan plangisasi di Sumber Biru ini terfokus di dalam tempat wisatanya. Seperti petunjuk arah ke toilet, kolam renang, mushola, dan juga aula. 

Pembuatannya pun cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia seperti kayu mahoni. Lalu dari kelompok kami membuat tulisan dan mengecat dengan cat yang sudah tersedia. Program kerja ini disambut baik oleh pihak pengelola wisata. Pihaknya pun tidak segan dalam memberi bantuan kepada mahasiswa KKN.

Diawali dengan persiapan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti papan kayu, tiang kayu, cat, kuas, gergaji, amplas dan bensin. Papan yang sudah dipotong sesuai ukuran dan diamplas lalu diberikan tulisan sesuai kebutuhan kemudian dipasang di tiang yang sudah disiapkan. Dilanjutkan dengan pemasangan yang dilakukan pada tanggal 6 April 2022 di lokasi Wisata Sumber Biru. 

Kegiatan plangisasi ini rencananya juga akan dilakukan di tempat wisata lain di Wonomerto, seperti di Batu Pelangi dan Makam Pangeran Benowo.(K_92)

Penulis : Kelompok 92 KKNT MBKM Universitas Pembangunan Nasioanal "Veteran" Jawa Timur 

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si,  M.Si

Person In Charge (PIC) : Hasri Maghfirotin Nisa. S.Sos




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline