Lihat ke Halaman Asli

KKN92UPNVJT

KKN Tematik Kel 92 Desa Wonomerto

Penyambutan Mahasiswa KKN UPNVJT Jawa Timur Kelompok 92 oleh Perangkat dan Masyarakat Desa Wonomerto

Diperbarui: 8 Juli 2022   21:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jombang/24/03/2022 - Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. 

Senin, 21 Maret 2022 bertempat Di Kecamatan Wonosalam telah dilakukan penyambutan oleh pihak kecamatan kepada mahasisawa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur (UPNVJT) tahun 2022. 

Penyambutan ini dilaksanakan sebelum per kelompok mengabdi ke desa-desa sesuai pembagiannya masing-masing. Pada tanggal 24 Maret 2022 bertempat di Balai Desa Wonomerto diadakan Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa KKNT MBKM UPNVJT Kelompok 92 yang berada di Desa Wonomerto. Hadir dalam acara tersebut Camat, Perangkat Desa, dan juga masyarakat setempat.

Penyambutan dilaksanakan setelah diadakannya Musyawarah Desa (MUSDes) Pertanggungjawaban BUMDesa Benowo Wonomerto Tahun Buku 2021. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKNT MBKM Kelompok 92 juga turut membantu dalam pelaksanaanya MUSDes. Mulai dari persiapan tempat, menunggu tempat absensi tamu, memberikan konsumsi, sampai dengan penulisan notula rapat. 

Dari kegiatan MUSDes Pertanggunjawaban BUMDesa ini, mahasiswa KKNT MBKM  Kelompok 92 bisa mendapatkan banyak manfaat disamping bisa membantu menyiapkan acara. Seperti contohnya, bisa mengetahui bagaimana seharusnya MUSDes BUMDesa itu dilaksanakan, siapa saja pesertanya dan lain sebagainya.

Setelah acara MUSDes Pertanggungjawaban BUMDesa, dilaksanakan penyambutan dan pengenalan mahasiswa KKNT MBKM Kelompok 92 kepada perangkat desa dan masyarakat. Masyarakat Desa Wonomerto menyambut dengan hangat kedatangan mahasiswa KKNT MBKM Kelompok 92. 

Dalam acara ini, kelompok 92 berkesempatan untuk mengenalkan diri kepada masyarakat agar bisa lebih dekat lagi dan bisa membaur dengan masyarakat luas. Selain mengenalkan diri, kelompok 92 juga memanfaatkan momen ini untuk mensosialisasikan program kerja yang akan dijalankan selama tiga bulan berjalan.

KKNT MBKM diharapkan bisa memberikan sumbangsih yang sesuai dengan kapasitas keilmuan sebagai intelektual muda. KKNT MBKM bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada Mahasiswa bagaiman menyikapi dinamika sosial kemasyarakatan yang ada, pengabdian kepada masyarakat, memberikan masukan dan saran serta terobosan yang baru dalam memajukan Desa, mengembangkan dan meningkat pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah Desa Wonomerto mengharapkan kepada mahasiswa KKNT MBKM Kelompok 92 dalam pelaksanaannya agar tetap mengedepankan norma-norma, adat istiadat, dan budaya yang berlaku di masyarakat desa tempat lokasi KKN sehingga dalam proses pelaksanaan kegiatan KKN dapat diterima oleh masyarakat dan bisa berjalan dengan baik serta tujuan dapat tercapai. 

Terlepas dari fokus Kelompok 92 kepada sektor wisata, pihak desa juga berharap mahasiswa bisa membantu perangkat desa ataupun masyarakat luas apabila membutuhkan bantuan lainnya. (K_92)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Senin, 21 Maret 2022 bertempat Di Kecamatan Wonosalam telah dilakukan penyambutan oleh pihak kecamatan kepada mahasisawa Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) Universitas Pembangunan Veteran Jawa Timur (UPNVJT) tahun 2022. Penyambutan ini dilaksanakan sebelum per kelompok mengabdi ke desa-desa sesuai pembagiannya masing-masing. Pada tanggal 24 Maret 2022 bertempat di Balai Desa Wonomerto diadakan Penyambutan dan Penerimaan Mahasiswa KKNT MBKM UPNVJT Kelompok 92 yang berada di Desa Wonomerto. Hadir dalam acara tersebut Camat, Perangkat Desa, dan juga masyarakat setempat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline