Lihat ke Halaman Asli

KKN 51 KLABANG

Universitas Jember

Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Lele bersama Ibu PKK (Kejora) di Desa Klabang

Diperbarui: 26 Februari 2023   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Klabang memiliki berbagai potensi salah satunya adalah budidaya air tawar yaitu ikan lele. Budidaya ikan lele cenderung lebih mudah untuk dilakukan oleh masyarakat karena perawatan yang mudah dan bahkan bisa di lakukan di rumah. Dalam program kerja KKN 51 Universitas Jember (UNEJ) ini kami lakukan kegiatan pelatihan pembuatan Abon lele. 

Program ini diprioritaskan untuk ibu-ibu di Desa Klabang untuk mengisi waktu luang dan juga sebagai peluang bisnis dalam meningkatkan perekonomian warga. Ikan merupakan salah satu makanan sumber protein hewani (ikan) yang banyak disukai dan dikonsumsi masyarakat.

Makanan ini selain relatif murah dan mudah didapat, juga memiliki nilai zat gizi yang tinggi dapat menjaga stabilitas dan kesehatan tubuh, serta dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Namun kualitas ikan menurun dengan sangat cepat, menyebabkan pembusukan. Oleh karena itu, penyimpanan dan penanganan ikan yang tepat sangat penting. Pengolahan ikan merupakan salah satu cara dalam pengawetan ikan yang sangat umum dikenal oleh masyarakat. Dalam pengolahan ikan yang memiliki peluang bisnis yang cukup baik yaitu dengan mengolah ikan menjadi abon ikan.

Abon termasuk salah satu makan yang memiliki daya simpan yang cukup lama dan memiliki beberapa kandungan gizi yang tinggi seperti protein cukup tinggi dan berkualitas. Kandungan proteinnya terdiri dari asam amino esensial yang cukup lengkap yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan penyusun, serta glukosa dan komponen lainnya yang dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Selain itu produk olahan benang ikan ini mengandung beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A dan D, serta kaya akan mineral seperti fosfor (P) yang merupakan unsur penting untuk metabolisme sel dan tubuh, zat besi (Fe) ) diperlukan untuk hemoglobin darah Kalsium (Ca) diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 

Ikan laut biasanya kaya akan yodium (I), dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan hewan darat (binatang). Selain itu juga mengandung selenium (Sn), menurut para ahli unsur (Sn) ini berperan dalam tubuh kita bersama dengan vitamin E sebagai antioksidan dan memperlancar proses metabolisme tubuh serta memperlancar pembaharuan sel kulit. kulit kita menjadi lebih halus dan kencang. Abon lele merupakan produk dengan bahan dasar dari daging ikan lele yang dimana abon ini memiliki khasiat selai dari protein yang tinggi yaitu mengandung omega 3 yang berfungsi sebagai kecerdasan untuk anak.

screenshot-2023-02-23-084412-63fae3fe08a8b55b333adc32.png

Pada pelatihan pembuatan abon lele ini dilakukan bersama dengan mahasiswa KKN 51 Universitas Jember. Bahan yang digunakan dalam pembuatan abon lele yaitu daging ikan lele, gula, garam, dan rempah-rempah. Proses pembuatan abon lele meliputi penyiapan ikan lele yang segar, kemudian pembersihan ikan dari kotoran di luar dan di dalam ikan, kemudian dikukus ikan lele selama 30 menit, setelah di kukus lakukan pembersihan ikan lele dari kulit dan duri, kemudian lakukan proses pembuatan bumbu abon (gula, garam, dan rempah-rempah), setelah selesai membuat bumbu abon selanjutnya pencampuran daging ikan lele dengan bumbu dengan proses pemasakan, pemasakan dilakukan hingga bumbu dan daging lele tercampur merata, setelah tercampur merata lakukan penggorengan dengan minyak untuk menghasilkan abon yang bagus, setelah selesai proses penggorengan lakukan pengepresan untuk mengurangi minyak pada abon yang telah matang, tahapan terakhir yaitu pengemasan abon lele, dalam pembuatan kemasan harus yang menarik agar konsumen lebih tertarik.   

Kegiatan Pelatihan Membuat Abon Lele dilaksanakan pada hari sabtu , tanggal 28 Januari 2023 mulai pukul 08.00 WIB dan bertempat di Balai Desa Klabang Kota Bondowoso. Peserta berjumlah 20 orang yang merupakan anggota PKK (KEJORA) di Desa Klabang. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Klabang pada umumnya dalam mengolah hasil perikanan khususnya olahan lele menjadi berbagai macam produk yang bernilai ekonomis tinggi sehingga nantinya bisa menjadi penghasilan tambahan bagi keluarga mereka.

  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline