Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 196 Mengadakan Sosialisasi "Jaga Diri & Lingkungan" di SDN Karangpaiton

Diperbarui: 22 Agustus 2023   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Karangpaiton, Ledokombo (11/08/23) -- Mengedepankan kesadaran akan pentingnya kesehatan diri dan lingkungan, sebuah inisiatif bernilai positif telah dilaksanakan di SDN Karang Paiton, Desa Karang Paiton, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember pada tanggal 11 Agustus 2023. Kegiatan sosialisasi yang bertemakan "JAGA DIRI & LINGKUNGAN" di kalangan siswa kelas 4-6 SD ini diselenggarakan mulai pukul 08.00 - 10.00 WIB oleh Kelompok KKN Kolaborasi 196 dari Universitas Jember, UPN "Veteran" Jawa Timur, ITS Mandala, Institut Agama Islam Al - Qodiri Jember, dengan Farah Diva dan Azizur Rohmah, yang merupakan mahasiswa dari program studi Farmasi dan Teknik Lingkungan, sebagai pemateri.

Kegiatan ini dimulai dengan sesi sosialisasi yang mengedukasi siswa kelas 4-6 SDN Karang Paiton tentang pentingnya menjaga Kesehatan diri dan lingkungan, terutama untuk lingkungan sekitar yang belum tercemar oleh polusi.

"Walaupun siswa/i SDN Karangpaiton sudah bisa membuang sampah pada tempatnya tetapi siswa tersebut belum bisa memilah sampah organik dan anorganik. Maka dari itu kami dari kelompok KKN berusaha untuk memberi pemahaman mengenai kesehatan diri dan lingkungan sekitar " ujar Farah.

Setelah pemaparan materi, mahasiswa KKN Kolaborasi melakukan simulasi langsung terhadap siswa/i SDN karangpaiton. Simulasi tersebut dilakukan agar siswa/i dapat memilah sampah berdasarkan jenis-jenis sampah yang sudah di jelaskan.

Pak Halil, S.Pd sebagai kepala sekolah SDN Karang Paiton menyambut dengan baik kegiatan tersebut sebagai langkah proaktif dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar siswa. Pak Halil sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN Kolaborasi yang telah memberikan pemahaman dan contoh langsung kepada siswa-siswa dimana kesehatan diri dan lingkungan adalah modal utama untuk belajar dan berkembang.

Melalui sosialisasi yang dilakukan mahasiswa KKN Kolaborasi terhadap siswa/i SDN Karangpaiton, kegiatan ini diharapkan dapat memicu kesadaran siswa dan guru terhadap pentingnya kesehatan diri dan kebersihan lingkungan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi muda memiliki gaya hidup sehat dan bersih serta dapat menjaga lingkungan sekitar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline