Lihat ke Halaman Asli

KKN 76 UINSU BATUBARA

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Dari Dapur ke Pasar, UMKM Basreng Desa Tunjukkan Potensi Kuliner Lokal

Diperbarui: 12 September 2024   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Doc. Pribadi

Desa Kampung Lalang, 15 Agustus 2024- Desa Kampung Lalang kini sedang gencar-gencarnya menaikkan UMKM yang berbasis kuliner lokal. Inisiatif ini dipelopori oleh ibu-ibu PKK  desa Kampung Lalang yang ingin mengangkat kuliner lokal dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 

Pelopor utamanya adalah Inun, ketua PKK desa Kampung Lalang yang mendirikan usaha kuliner basreng ( bakso goreng). 

" Kami ingin menunjukkan bahwa desa kecil seperti kami juga bisa mempopulerkan kuliner lokal ke banyak kalangan dari anak kecil hingga orang tua sekalipun", ujar Inun. 

Basreng mereka menyediakan dua varian rasa, yaitu original dan pedas. Tempat produksi mereka, dinamakan Rumah Basreng. Selain karna semangat para ibu PKK, dukungan dari pemerintah setempat juga sangat signifikan. 

Kelompok 76 mahasiswa KKN dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) turut serta membantu dalam proses pembuatan dan promosi basreng yang di produksi oleh Rumah Basreng ini. Kehadiran mahasiswa KKN sangat membantu dalam memperkenalkan produk basreng ke masyarakat yang lebih luas. Sebagai bagian dari usaha memperkuat UMKM Basreng, mahasiswa UINSU kelompok 76 telah membuatkan logo baru untuk UMKM tersebut, dengan harapan bisa meningkatkan penjualan dan memperluas pengenalan produk. Logo baru tersebut kemudian digunakan pada kemasan produk, brosur, dan berbagai media promosi lainnya. 

Dokumentasi Mahasiswa UINSU kelompok 76 membantu UMKM desa

Inisiatif ini tidak hanya membantu meningkatkan pendapatan desa tetapi juga membuka lapangan pekerjaan baru dan memberikan harapan baru bagi pemuda di desa tersebut. 

Dengan adanya UMKM ini, desa Kampung Lalang kini menjadi contoh sukses dalam mengembangkan ekonomi berbasis kuliner lokal. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline