Lihat ke Halaman Asli

KKN KECAMATANMARON

KKN KECAMATAN MARON

Kelompok KKN Kecamatan Maron Membuat Alat Cuci Tangan untuk Mencegah Virus Covid-19

Diperbarui: 18 Agustus 2021   07:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

PROBOLINGGO- Universitas Panca Marga Probolinggo, setelah melakukan Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid19, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah virus covid19. Salah satu nya ialah dengan mencuci tangan, kelompok KKN Kecamatan Maron melaksanakan kegiatan membuat alat cuci tangan sebagai sarana kampanye pencegahan Covid-19. 

Saat ini kasus pandemi di Indonesia melonjak pesat dan menyebabkan Indonesia memberlakukan PPKM di beberapa wilayah di Indonesia. 

Lonjakan kasus membuat peserta KKN Kecamatan Maron ikut mendukung program pemerintah yaitu mencuci tangan dan ini merupakan sebuah upaya untuk pencegahan dan penanggulangan covid-19. Pembuatan alat cuci tangan akan diserahkan ke beberapa desa yang tidak memiliki fasilitas alat cuci tangan.


Penyerahan alat telah dilaksanakan di Kantor Kecamatan Maron dan 4 Desa yakni Kantor Desa Brani Kulon, Desa Pegalangan, Desa Brabe, dan Desa Suko pada hari Senin (16/8). Alat cuci tangan diserahkan oleh peserta KKN Kec. Maron dan diterima oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Program pembuatan alat cuci tangan tujuan nya ialah mengajak masyarakat untuk selalu mencuci tangan. Dengan pembuatan alat cuci tangan, masyarakat diharapkan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas atau bersentuhan dengan benda mati.

Ada beberapa langkah mencui tangan dengan baik:
Basahi tangan dengan air dan ambil sabun secukupnya.
Gosokkan kedua telapak tangan hingga ke sela-sela jari
Jangan lupa bagian belakang jari, pakai teknik mencuci.
Bersihkan juga jempol luar dan dalam.
Basahi tangan dengan air bersih untuk membilas sabun.
Keringkan tangan dengan handuk, jangan lupa keringkan kran air.

Alokasi waktu untuk mencuci tangan minimal 30 detik, mencuci tangan dengan sabun lebih efektif ketimbang hanya menggunakan handsanitizer. 

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dan dapat memutuskan mata rantai kuman. 

Tangan yang bersentuhan langsung dengan benda dapat memindahkan bakteri dan virus.Universitas Panca Marga Probolinggo, setelah melakukan Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid19, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah virus covid19. 

Salah satu nya ialah dengan mencuci tangan, kelompok KKN Kecamatan Maron melaksanakan kegiatan membuat alat cuci tangan sebagai sarana kampanye pencegahan Covid-19. Saat ini kasus pandemi di Indonesia melonjak pesat dan menyebabkan Indonesia memberlakukan PPKM di beberapa wilayah di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline