Lihat ke Halaman Asli

KKN 74 UMD Lakukan Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pemilahan Jenis Sampah

Diperbarui: 7 Agustus 2023   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama peserta pelatihan PHBS dan pemilahan sampah/Dokpri

Anak-anak merupakan aset penting penerus bangsa yang harus senantiasa ditingkatkan melalui pendidikan lebih baik dari sebelumnya. Ilmu pelajaran tidak harus didapat melalui kegiatan formal yang ada di sekolah bisa juga dengan kegiatan sosialisasi dan juga bermain sambil belajar. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh KKN UNEJ Membangung Desa (UMD) Kelompok 074 mencakup anak-anak yang sedang menempuh jenjang pendidikan Sekolah Dasar dan sederajat. 

Pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Pemberian edukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)/Dokpri

Kegiatan pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diadakan oleh KKN UMD Kelompok 074 dilaksanakan sebanyak dua kali. Yang pertama dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2023 di MI Bahrul Ulum Desa Tangsil Kulon yang diikuti oleh siswa kelas 5 dan 6. Dan yang kedua dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2023 di SDN 02 Tangsil  Kulon dengan peserta yaitu siswa kelas 3 dan 4. Perilaku hidup bersih dan sehat mempunyai 8 poin utama, namun KKN UMD Kelompok 074 berfokus pada hal-hal yang dapat dilaksanakan di kehidupan sehari-hari seperti membuang sampah, mencuci tangan, sikat gigi, dan buang air kecil dan besar di kamar mandi. Agar pelatihan yang dilakukan lebih menyenangkan dan mudah dipahami, Kelompok 74 KKN UMD memberikan edukasi melalui senam cuci tangan yang diikuti seluruh peserta. 

Senam cuci tangan yang diikuti peserta pelatihan/Dokpri

Pelatihan Pemilahan Jenis Sampah

Praktek pemilahan sampah sesuai jenisnya/Dokpri

Jenis sampah dibagi menjadi dua yaitu sampah organik dan sampah  anorganik. Pemilahan sampah bertujuan untuk mempermudah pengelolaan sampah selanjutnya dan juga mengurangi pencemaran udara akibat sampah. Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi tentang jenis-jenis sampah. Setelah edukasi pemilahan jenis sampah diberikan, anak-anak diajak untuk mempraktekkannya yaitu dengan mengumpulkan sampah di lingkungan sekitar Yayasan Bahrul Ulum. Sampah yang sudah terkumpul selanjutnya dibuang ke tempat sampah sesuai jenisnya. Pada akhir acara, KKN 74 UMD mengajak siswa untuk mempraktekkan 6 langkah mencuci tangan yang benar.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini anak-anak dapat mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat baik di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah tempat mereka tinggal. Selain itu penanaman sejak dini diharapkan dapat menjadi kebiasaan anak tersebut hingga mereka dewasa dan dapat menjadi penggerak perubahan budaya kurang sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline