Lihat ke Halaman Asli

KKN 73 ARJUNABHAKTI

Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Usaha Daun Pisang Desa Cibadak Dalam Membangun Masyarakat Lokal

Diperbarui: 22 Agustus 2024   15:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Usaha Daun Pisang di Desa Cibadak/dokpri

Rawasadang, Cibadak-- Usaha daun pisang di Desa Cibadak terus menunjukkan komitmen dalam membangun masyarakat lokal dan mendukung keberlanjutan lingkungan, sebuah inisiatif inovatif yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta menjaga kelestarian lingkungan. 

Wawan (33), berdedikasi untuk meneruskan usaha orang tuanya seorang warga desa yang memiliki visi untuk memanfaatkan potensi lokal Cibadak. Wawan, yang telah mengabdikan hidupnya untuk pertanian dan pelestarian lingkungan selama 10 tahun, melihat peluang besar dalam pemanfaatan daun pisang sebagai sumber daya alam yang melimpah di Desa Cibadak. 

"Sejak tahun baru pendapatan dari daun pisang ini menurun meskipun cuaca bagus untuk produksi daun pisang ," ujar Wawan. Jika musim panen wawan lebih mengutamakan daun pisang dari para petani dibanding kebunnya sendiri menunjukkan dedikasinya untuk mendukung komunitas lokal. 

Usaha daun pisang ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa, terutama bagi para petani dan pengrajin lokal. Selain itu, produk-produk berbahan dasar daun pisang seperti kemasan makanan, piring, dan kerajinan tangan diharapkan dapat menarik minat pasar baik lokal maupun internasional. 

Desa Rawasadang Cibadak 

Tanggal: Kamis, 22 Agustus 2024 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline