Lihat ke Halaman Asli

KKN 73

MAHASISWA UNISA YOGYAKARTA

Mahasiswa KKN UNISA Mengadakan Cek Kesehatan Gratis pada Lansia Serta Penyuluhan Kesehatan

Diperbarui: 3 September 2023   23:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Mahasiswa Universitas Aisyiyah Yogyakarta telah melakukan kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Lansia, pada hari selasa 15 Agustus 2023 Di Padokan Lor, Bantul. Diketahui bahwa sebelumnya Universitas Aisyiyah Yogyakarta telah menerjunkan 703 mahasiswa dalam melakukan Kuliah Kerja Nyata atau disebut KKN sebagai salah satu bagian dari Pengabdian untuk masyarakat TA. 2023/2024.

Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan kususnya kelompok usia lanjut.

Pada hari Selasa, 15 Agustus 2023 telah dilaksanakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Pada Lansia, dimulai dari Pemeriksaan Tensi Darah, Gula Darah, dan Asam Urat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa KKN UNISA kelompok 73 dalam membantu proses pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan pada  (15/08/2023).

Tujuan dari dilaksanakannya penyuluhan tentang Esteoporosis ini adalah untuk memberikan dan meningkatkan pengetahuan serta kesadaran pada lansia terkait tentang apa itu Esteoporosis ,faktor risiko Esteoporosis, cara mengatur pola makan, dan apa saja tanda gejala dari Esteoporosis. Sasaran dari penyuluhan Esteoporosis ini adalah seluruh lansia di Padokan Lor, Bantul dengan jumlah sasaran yang hadir dalam penyuluhan ini sebanyak 25 peserta Lansia.

Dalam kegiatan Penyuluhan Esteoporosis ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dalam menjelaskan materi dan diskusi tanya jawab kepada Lansia dengan menggunakan media leaflet. Pembawa materi dari Penyuluhan Esteoporosis ini adalah Muhamad Rifa’i dari Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi S1 Keperawatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Mahasiswa KKN Universitas Aisyiyah Yogyakarta mengungkapkan rasa sangat bersyukur dan senang karena Penyuluhan dan Posyandu Lansia ini berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan, selain itu mahasiswa KKN UNISA sangat berterimakasih kepada Pak Dukuh, petugas dari Posyandu Lansia Padokan Lor serta Warga yang sudah bersedia menerima Mahasiswa KKN UNISA dalam membantu kegiatan Posyandu Lansia serta Penyuluhan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline