Lihat ke Halaman Asli

Program Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan pada Anak di SDN 03 Jeruklegi Wetan

Diperbarui: 5 September 2023   04:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: KKN 71 UIN SAIZU PWT

Sumber: KKN 71 UIN SAIZU PWT

CILACAP - Cuci tangan memakai sabun merupakan salah satu cara sederhana serta kebiasaan baik untuk diajarkan kepada anak sekolah dasar. Kelompok 71 Mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan salah satunya yaitu sosialisasi cuci tangan dengan sasaran anak sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan setelah senam pagi sekitar pukul 08.30 sampai 09.30 WIB di halaman sekolah. Kelompok 71 KKN UIN Saizu ini melakukan kegiatan sosialisasi dengan persetujuan kepala sekolah serta seluruh tenaga pendidik (Jumat, 04 Agustus 2023)

Sumber: KKN 71 UIN SAIZU PWT

Kegiatan ini bertujuan untuk dianjurkan kepada anak-anak mencuci tangan dengan benar sebelum makan supaya makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak bersamaan dengan kuman yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Dengan demikian, sekolah tidak hanya menjadi pusat pendidikan yang diperuntukkan untuk pembelajaran bidang akademik saja, akan tetapi harus menjadi tempat yang mendukung penyediaan pendidikan yang berperan dalam pembentukkan perilaku hidup sehat siswa.

Sumber: KKN 71 UIN SAIZU PWT

Adapun 6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yang dijelaskan oleh rekan mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto yaitu pertama tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar, kedua usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian, ketiga gosok sela-sela jari tangan hingga bersih, keempat bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci, kelima gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian dan keenam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Kegiatan cuci tangan ini dapat berjalan dengan lancar dan anak-anak sangat antusias dalam mendengarkan dan mempraktikkannya.

Sumber: KKN 71 UIN SAIZU PWT

Siti Robiah Al Adawiah selaku mahasiswa KKN UIN Saizu Purwokerto mengatakan bahwa "Cuci tangan itu sangat penting untuk kesehatan tubuh kita supaya dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu kita harus menerapkan budaya mencuci tangan kapanpun dan dimanapun". 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline