Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 62KKNT

Kelompok Mahasiswa

KKN-T Kelompok 62 Melakukan Pengiasan Posyandu di Desa Duren

Diperbarui: 5 Maret 2023   01:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Pada tanggal 25 january 2023, Kelompok KKN-T 62 Universitas PGRI Madiun melaksanakan kegiatan posyandu atau Pos pelayanan terpadu. Kegiatan tersebut merupakan sebuah program yang dirancang oleh pemerintah dalam mengupayakan pelayanan kesehatan anak balita secara optimal. Program-program pada Posyandu diantaranya adalah program kesehatan ibu hamil, program kesehatan anak, keluarga berencana, imunisasi, pemantauan gizi anak, dan pencegahan serta penanggulangan diare. Kegiatan saat ini yang dilaksanakan pos pelayanan balita dengan kegiatan pencatatan tinggi dan berat badan, pemberian gizi serta imunisasi dari pihak puskesmas. Posyandu juga dapat memberikan pengetahuan mengenai cara menjaga kesehatan ibu dan anak. Posyandu idealnya dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan pelayanan minimal 1 bulan sekali.

Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng , Kabupaten Madiun secara rutin menyelenggarakan kegiatan Posyandu serentak dan tersebar dalam 6 posko di 5 dusun, salah satunya di dusun 2. Posyandu pada bulan Januari 2023 bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak guna mengurangi angka stunting yang masih menjadi salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh negara.

Untuk meningkatkan kesehatan, imunitas dan perbaikan gizi, Posyandu di Desa Duren. Dalam pelaksanaan posyandu melakukan beberapa upaya yaitu pendampingan ibu hamil oleh kader posyandu, pemberian imunisasi, pendataan tinggi dan berat badan balita, serta pemberian gizi pendamping asi.

Kelompok 62 KKN-T Universitas PGRI Madiun juga turut serta dalam membantu kegiatan-kegiatan Posyandu  selain itu kelompok 62 KKN-T Universitas PGRI Madiun juga berinisiatif memasang poster informasi mengenai slogan tentang kesehatan/stunting , mahasiswa KKN-T 62 juga menyumbangkan sedikit permainan edukasi untuk balita yang turut hadir di kegiatan posyandu dusun 2. 

Kegiatan Posyandu dimulai pada pukul 09.00 dan selesai 12.00 WIB. Kegiatan Posyandu diisi oleh kader kader posyandu, bidan desa serta petugas kesehatan dari puskesmas. Pada kegiatan ini kader posyandu selaku penanggung jawab pada kegiatan Posyandu Desa. Suntikan juga diberikan oleh Bidan Desa kepada balita untuk pemberian vitamin serta imunisasi rutin.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat yang datang ke posyandu mengenai informasi stunting, yaitu pentingnya meningkatkan gizi masyarakat dan kualitas sumber daya manusia.

KELOMPOK 62 KKN-T Desa Duren UNIPMA

Tahun Akademik 2022/2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline