Lihat ke Halaman Asli

Program Kerja #1: Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik, Anorganik, dan Residu di SDN Mayang 03

Diperbarui: 6 Agustus 2023   14:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto bersama) Sumber: Dokumentasi pribadi

Apabila dalam dua artikel sebelumnya tercantum banyak pernyataan mengenai persiapan program kerja, artikel kali ini akan banyak membahas mengenai realisasi program kerja. Kelompok 060 menjalani minggu ketiga yang produktif dengan berbagai kegiatan, namun kegiatan utama yang ingin kami sorot adalah sosialisasi pemilahan sampah. 

Sosialisasi pemilahan sampah dilakukan pada 5 Agustus 2023 di SDN Mayang 03 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 1-6. Tujuan dari sosialisasi kami ke SD adalah siswa dapat mengenal dan memilah sampah dengan benar dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ini berkaitan dengan fokus SDGs yang menjadi dasar program kerja kami, yaitu SDGs 12 (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab). 

(Penyampaian materi) Sumber: Dokumentasi pribadi

(Game pertama) Sumber: Dokumentasi pribadi

Pelaksanaan sosialisasi terdiri atas beberapa sesi, yaitu pemaparan materi mengenai pengkategorian sampah (organik, anorganik, dan residu) beserta contoh sampahnya, lalu dilanjutkan dengan bermain games. Game pertama berkaitan dengan materi yang telah disampaikan, di mana para siswa yang telah dibagi menjadi kelompok harus berlari mengambil kartu bergambar macam-macam sampah (contohnya masker, botol plastik,dan kulit pisang) dan menentukan gambar tersebut masuk ke dalam kategori sampah yang tepat. Sebaliknya, game kedua tidak berkaitan dengan materi : satu kelompok yang beranggotakan 6 orang akan bergantian menggambar sebuah objek, namun hanya diberi waktu 10 detik untuk menggambar dan anggota terakhir harus menebak gambar tersebut dengan benar. 

Kehadiran kami disambut baik oleh pihak sekolah dan seluruh siswa SDN Mayang 03. Selama sosialisasi berlangsung, siswa sangat antusias dan secara aktif mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Beberapa dari mereka pun telah mengenal kategori sampah organik dan anorganik serta apa bahaya dari membuang sampah sembarangan. Cuaca yang panas tidak menghalangi kami dan para siswa untuk berbaur secara alami di sela-sela kegiatan: beberapa mahasiswa KKN bermain bola voli dengan para siswa, membentuk lingkaran dan menari bersama, berfoto bersama, dan saling bertukar cerita. Kami segenap anggota kelompok 060 KKN Kolaboratif Universitas Jember 2023 mengucapkan terimakasih pada pihak SDN Mayang 03 yang telah memberi izin kepada kami untuk melaksanakan program kerja dan membantu selama proses realisasi. 

(Kegiatan di Posyandu Tulip 1 Desa Mayang)  Sumber: dokumentasi pribadi

(Perekaman video yel-yel)  Sumber: dokumentasi pribadi 

Sebelum program kerja di SD berjalan, minggu ini kami juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu. Kami pun bergantian berjaga di posyandu untuk mendata berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar dada, dan lingkar lengan balita. Agenda lainnya adalah perekaman video yel-yel untuk lomba yel-yel kemerdekaan 2023 yang diselenggarakan oleh Nippon Paint. Setelah menyelesaikan lirik dan koreografi pada minggu kedua, perangkat desa meminta kami untuk merekamnya dalam bentuk video dengan tujuan dapat ditonton oleh para warga yang akan mengikuti lomba tersebut. Oleh karena itu, kami dan perangkat desa pun merekamnya di depan beberapa gapura yang telah dicat merah-putih dengan Nippon Paint. 

Sekian rekap dari kegiatan minggu ketiga kelompok 060 KKN Kolaboratif, semoga di minggu keempat target-target kami dapat tercapai dan agenda-agenda dapat terlaksana dengan lancar.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline